Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Selama Pasar Malam, Omzet Pedagang Naik Lima Kali Lipat

Selama Pasar Malam, Omzet Pedagang Naik Lima Kali Lipat

By on June 25, 2018 0 316 Views

PASAR Malam di alun-alun Ponorogo yang berakhir pada Minggu (24/6/2018) dipastikan membawa berkah bagi para pedagang kuliner maupun mainan serta cinderamata. Dari survei dinas terkait, omzet mereka bisa naik hingga lima kali lipat dari hari biasa. Dan, sejak Senin (25/6/2018) pasar malam sudah dibongkar oleh para ‘penghuninya’.

Pembongkaran berbagai stan dan wahana permainan yang menjadi tujuan rekreasi warga Ponorogo selama libur lebaran lalu.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andanawarih mengatakan, selama sekitar 15 hari pelaksanaan pasar malam, pihaknya tela melakukan beberapa kali survei kepada para pedagang makanan dan minuman binaannya. Dari beberapa pedagang yang dipilih secara acak, rata-rata menyebutkan terjadi kenaikan angka penjualan yang cukup lumayan.

“Ada yang bilang naik sekitar tiga kali lipat, tapi banyak juga yang menyebut dagangannya laku sampai lima kali lipat. Yang biasanya hanya laku Rp20 ribu, ada yang mengaku bisa dapat omzet sampai Rp100 ribu, untuk pedagang kecil ya. Lha yang besar-besar juga banyak yang mengaku begitu (naik sampai lima kali lipat),” ungkap Addin, Senin (25/6/2018).

Meski begitu, ada pula pedagang yang mengaku dagangannya tidak begitu laku. Namun hal ini bukan karena pasar malamnya sepi pengunjung. “Saya salah tembak. Maksudnya salah beli barang, jadinya ya tidak begitu laku. Untung sih untung, tapi tidak sebanyak perkiraan saya semula,” ungkap Surowo, 55, salah satu pedagang asesoris yang berdagang di dekat beringin sebelah timur alun-alun.

“Ramainya sama dengan tahun lalu. Tidak menurun (minat) orang yang datang ke sini,” ucapnya sambil menyebut ada beberapa pedagang lain bisa meraup untung jauh di atas perkiraan.

Perkiraan sementara, perputaran uang di Pasar Malam Lebaran 2018 Ponorogo akan tembus dari catatan tahun lalu yang mencapai sekitar Rp7 miliar. “Mungkin akan lebih dari Rp7 M. Sebab kali ini pasar malamnya lebih panjang. Tapi nanti kita hitung juga dengan Bagian Umum (Setdakab Ponorogo),” imbuh Addin. Pasar malam kali ini berlangsung mulai dari tanggal 2 Juni sampai 24 Juni. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *