Breaking News

Seluruh Sertifikat Tanah Relokasi Waduk Bendo Terbit

By on July 17, 2018 0 473 Views

SELURUH sertififikat rumah dan tanah relokasi untuk warga terdampak pembangunan Waduk Bendo akhirnya selesai dan bisa diterbitkan. Selasa (17/7/2018) sore di Balai Desa Ngindeng, satu demi satu warga menerima bukti sah kepemilikan rumah dan tanahnya dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ponorogo. Jumlah totalnya 30 sertifikat.

Salah satu dari 30 warga yang menerima sertifikat saat menandatangani serah terima sertifikat dan juga menandatangani sertifikat atas namanya, Selasa (17/7/2018)

Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Ponorogo Wildan Basori mengatakan, ke-30 sertifikat tersebut melengkapi 59 sertifikat tanah para warga yang terdampak pembangunan Waduk Bendo di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, yang telah diserahkan oleh Wabup Ponorogo Soedjarno pada 5 Juli lalu. Sertifikat tersebut untuk tanah seluas 200 meter persegi yang di atasnya berdiri rumah permanen dengan luas 49 meter persegi. Tanah dan rumah tersebut adalah rumah relokasi sebagai pengganti rumah di lokasi yang saat ini menjadi lokasi Waduk Bendo.

Camat Sawoo Jaka Wardaya dan Kasi Infrastuktur saat Pertanahan BPN Ponorogo WIldan Basori menyerahkan sertifikat tanah kepada salah satu warga.

“Alhamdulillah kita bisa melengkapi dari sebelumnya selesai 59 sekarang semuanya, 89 sertifikat bisa selesai. Dan hari ini kita serahkan semuanya. Semuanya sudah beres kecuali ada satu yang orangnya masih di luar kota,” ungkap Wildan Basori usai penyerahan sertifikat tanah kepada warga yang berhak.

Dikatakannya, penerbitan sertifikat ini adalah bagian dari program PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sehingga bisa cepat selesai. Seluruh kelengkapan berkas bisa segera dipenuhi oleh warga sehingga sejak diajukan oleh Pemkab Ponorogo dan disetujui oleh DPRD Ponorogo pada Mei lalu, sertifikat tanah relokasi tersebut bisa segera diterbitkan.

Camat Sawoo Jaka Wardaya yang turut menyaksikan penyerahan sertifikat berharap dengan telah terbitnya sertifikat rumah dan tanah relokasi membuat warga lebih tenang dan disimpan dengan baik. Warga juga bisa memanfaatkan sertifikat ini dengan baik.

Salah satu warga menunjukkan sertifikat yang telah diterimanya

“Ya hari ini saya mendapat tugas dari Pemkab Ponorogo untuk turut menyerahkan sertifikat. Dengan demikian selesai sudah untuk seluruh pemohon yang jumlahnya 89 orang. Harapannya, warga bisa memanfaatkannya dengan baik,” ungkapnya.

Salah satu warga, Miseri, mengatakan, ia cukup puas dengan sertifikat yang telah diterimanya. “Ya senang. Tapi hal-hal yang lain ingin juga segera beres. Misalnya soal penggantian lahan kebun saya yang dulu, juga soal tegakan,” pungkasnya.

Waduk Bendo dibangun di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo. Berada di kawasan seluas 200 hektare lebih dan direncanakan mengairi irigasi untuk sawah seluas 7.800 hektare, suplai air baku, pengendali banjir hingga pembangkit listrik berkekuatan 4 MW. Warga di lokasi proyek telah dipindahkan ke lokasi lain di Desa yang sama sekitar 1-2 km sebelah selatan lokasi waduk. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *