Seminar STAIN

Seminar STAIN

Seminar STAIN

Comments Off on Seminar STAIN

BUPATI H. IPONG HADIRI SEMINAR NASIONAL

 STAIN PONOROGO

 

STAINPONOROGO, Rabu (02/03/2016) Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlisoni menghadiri acara seminar Nasional “Supremasi Hukum konsekuensi dan Impelmentasinya Terhadap Karakter Bangsa di Era Globalisasi” yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ponorogo (STAIN). Kehadiran bupati Ipong disambut antusias oleh para Panitia dan seluruh akademika. Seminar tersebut mendatangkang narasumber ahli hukum Prof.Dr.H. Moh Mahfud,MD. S.H.,S.U, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, acara tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa STAIN Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dalam sambutanya pada acara tersebut menegaskan bahwa dalam era globalisasi kita harus mampu bersaing dan tetap mempertahankan norma dan etika sebagai bangsa Indonesia, namun tidak meninggalkan sisi azas kemanusiaan.

.” Betapa pentingnya hukum, kita sebagai warga negara yang bijak harus juga dimengerti bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan hukum. Ada waktu-waktu tertentu di mana hukum harus dikesampingkan dan kita harus mendahulukan nilai-nilai kemanusiaan. Rule of law sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa kita, tapi jangan sampai kemanusiaan kita mati dijerat oleh hukum,” ujarnya

Bupati Ponorogo Drs.H. Ipong Muchlisoni menambahkan hukum adalah dasar dari peradaban dan praktisi hukum akan menjadi tulang punggung bangsa Indonesia. selain tujuan absolut, pendidikan hukum juga memiliki tujuan kontekstual, yakni berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Narasumber Seminar Nasional Prof. Dr. H. Moh. Mahfud MD., S.H.,S.U dalam kesempatan tersebut mengatakan  praktisi hukum sangat penting, sehingga dapat dikatakan pendidikan hukum harus bertujuan mendidik social engineers, bukan semata-mata legal engineers atau subjek dari profesi hukum, yakni manusia dan masyarakat.

Lebih lanjut menurut narasumber Indonesia telah memasuki fase baru, yaitu konsolidasi demokrasi di era globalisasi dan desentralisasi. Mahasiswa dan praktisi hukum harus terbiasa dan mampu bersaing secara global, di mana arus globalisasi tidak dapat dihindari dan justru dapat menguntungkan mereka yang lebih siap bersaing. (NA/Panji)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top