Breaking News

Sendang Bulus Wisata Air Desa Pager

By on December 19, 2017 0 696 Views

Bungkal- Desa Pager merupakan sebuah wilayah desa yang masuk Kecamatan Bungkal. Desa Pager dengan luas wilayah 460 Ha terbagi menjadi 3 Dukuh, yaitu Dukuh Bibis, Dukuh Glagah Malang, dan Dukuh Pager Tengah. Desa Pager memiliki 8 RW yang terdiri dari 16 RT.

Sendang Bulus merupakan sebuah wisata air, Wisata tersebut cukup terkenal di wilayah Ponorogo. Terutama di wilayah Ponorogo selatan. Selain tempat yang mudah ditempuh dengan kendaraan, Sedang Bulus menempati area yang luas di tanah Desa.

Keberadaan Sendang Bulus, memang erat kaitanya dengan Desa Pager. Sebab sendang bulus merupakan sarana untuk memelihara hewan kesayangan dari Raden Beku Pringgo Kusumo yang merupakan cikal bakal dari Desa Pager.

“Bulus merupakan salah satu dari hewan kesayangan Mbah Beku Pringgo Kusumo,” terang Kateno Kepala Desa Pager. Sementara hewan kesayangan Mbah Beku selain Bulus, ikan gabus dan ikan kutuk.

Sendang Bulus merupakan hasil semedi dari Raden Pringgo Kusumo, dan munculah mata air yang jernih, terangnya. Sementara menurut Peneturan dari Masyarakat yang ada di sekitar Sendang Bulus, Raden Beku Pringgo Kusumo merupakan saudara dari Raden Beku Pringgoloyo. Keduanya merupakan Putra dari Demang Gading yang merupakan pengikut dari Pangeran Diponegoro. Penuturan Masyarakat tersebut dibenarkan oleh Kateno Kepala Desa Pager.

Pada perkembangannya Sendang Bulus menjadi sebuah aset wisata desa yang berada di Desa Pager. Maka, kini di sendang tersebut dijadikan area pemancingan, selain untuk kolam renang dan sarana ternak bulus dan pemeliharaan ikan. Sedangkan pengunjung Sendang Bulus setiap hari terus ramai. Selain hari libur lebih dari 300 pengunjung di tiap bualannya. Dan jumlah tersebut akan meningkat pada saat libur sekolah.

“Banyak para pelajar memanfaatkannya untuk berkemah, “terang Kateno.

Sedangkan pihak desa terus mengembangkan sarana dan prasarana wisata. Sejak tahun 2010 hingga kini, terus ditingkatkan pembangunanannya. Setelah pembenahan kolam, pendhapa, Mushola dan kini adalah perbaikan kamar mandi dan toilet. (Kominfo/Jgo)