Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Sepekan Pasca Lebaran, Harga Bumbu Dapur Stabil

Sepekan Pasca Lebaran, Harga Bumbu Dapur Stabil

By on June 22, 2018 0 311 Views

HARGA berbagai bumbu dapur cenderung stabil alias tidak mengalami kenaikan atau penurunan tajam pada sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini. Warga pun mulai tampak ramai mengunjungi pasar, sebab libur dan musim mudik telah usai.

Harga bumbu dapur di Pasar Legi Ponorogo cenderung stabil pada sepekan setelah lebaran.

 

Harga daging ayam terpantau stabil di posisi tinggi. Diperkirakan karena stok ayam tidak terlalu banyak.

 

Seperti terpantau di Pasar Legi Ponorogo, Jumat (22/6/2018) pagi. Warga tampak meramaikan pasar utama di Ponorogo. Para pedagang menyatakan, pada dua hari terakhir atau sejak PNS masuk kerja, pasar sudah berangsur normal.

“Mungkin warga yang mudik sudah balik lalu ya belanja lagi di sini. Pedagang juga sudah hampir semuanya aktif lagi,” kata Mujiati, salah satu pedagang di los bagian depan Pasar Legi.

Suminah, pedagang berbagai bumbu dapur mengatakan, harga cabe rawit berada di kisaran Rp25 ribu per kilogram, sedangkan harga cabe merah Rp 20 ribu per kilogram.

“Ya tidak jauh beda dengan sebelum lebaran,” ujarnya.

Untuk bawang merah, harganya tercatat mencapai Rp 25 ribu sampai Rp 27 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih masih stabil pula di posisi Rp 20 ribu per kilogram.

“Kalau telur sempat naik di Rp 23 ribu lebih sedikit. Tapi sekarang ya sudah kembali ke Rp 22 ribu per kilogram,” kata Suminah.

Sementara itu untuk harga daging ayam terpantau stabil namun di harga tinggi. Menurut Sudarmi, pedagang daging ayam di los daging, saat ini harga daging ayam sekitar Rp 40 ribu per kilogram. Harga ini sudah turun ketimbang dua atau tiga hari jelang Idul Fitri yang mencapai Rp 45 ribu per kilogram.

“Pas bulan puasa sekitar Rp 35 ribu (per kilogram). Terus naik tajam pas sudah dekat lebaran. Sekarang turun lagi tapi masih tinggi. Mungkin stoknya tidak banyak,” ujar Sudarmi menyebut dugaan penyebab masih tingginya harga daging ayam. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *