Breaking News
  • Home
  • News
  • SIMRS RSUD Dr. Harjono Kian Berbenah

SIMRS RSUD Dr. Harjono Kian Berbenah

By on March 16, 2018 0 50 Views
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Harjono Ponorogo semakin hari semakin berbenah dalam hal pelayanannya. Guna untuk  evesiensi pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Harjono Ponorogo tersebut. Hal tersebut tampak dalam optimalisasi penggunaan Sistem Informasi Menegemen Rumah Sakit (SIMRS) yang mulai di berlakukan sejak 1 Janurai lalu.
Terkait adanya SIMRS di RSUD Dr. Harjono ini sesuai dengan Permenkes No 82 Tahun 2013 Tentang SIMRS, dimana rumah sakit daerah harus menjalankan SIMRS di dalam menegemen rumah sakitnya mulai tahun 2018 ini.
Dengan adanya SIMRS ini seluruh fasilitas medik mulai Instalai Rawat Inap (Irna), Laboratorium, Instalasi Ct-Scan, Farmasi, dan Klinik di RSUD Dr. Harjono saat ini telah terkoneksi dan terpantau secara online pada server induk yang dikelola oleh Pusat Data Elektronik (PDE) RSUD Dr harjono.
Dengan diberlakukanya SIMRS semenjak 1 Januari yang lalu di Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) pasien dapat lebih mudah menjangkau pelayanan kesehatan secara online. Fasilitas informasi pelayanan kesehatan secara online diakses di akses SIMRS ini, pasien dapat mengakses besaran tarif dan biaya untuk perawatan serta harga obat yang akan ditebus. Tidak hanya itu saja, melalui SIMRS pasien juga bisa melihat daftar pasien dan dokter yang menanganinya.
Direktur RSUD Dr Harjono, dr Made Jeren melalui, Wakil Direktur Medik dr Santi Pratiwi mengatakan, dengan adanya SIMRS yang dijalankan mulai tahun ini, pengawasan serta pembinaan diinternal menegemen sendiri lebih maksimal. Bukan sekedar itu saja melainkan masyarakat umum juga dapat mengakses seluruh tarif dan fasilitas kesehatan yang ada di RSUD Dr. Harjono ini secara online. “Dengan Pos pelayanan terpadu pasien bisa mengakses tarif yang baru yang terkoneksi langsung dengan Kementrian Kesehatan ,” ujarnya, Jum’at (16/3).
Santi juga mengungkapkan, untuk awal tahun kemarin kita menerapkan SIMRS belum maksimal, namun setelah mendapat evaluasi terkait SIMRS bulan Pebruari lalu, kini pada bulan Maret SIMRS di RSUD Dr. Harjono lebih maksimal dari sebelumnya. ”Dengan dibantu Vendor SIMRS dari bandung PT Jaya Medika, kekurangan-kekurangan yang ada kini sudah sedikit demi sedikit tertutupi, dan semakin baik dari bulan lalu. Memang masih perlu adanya perbaikan di sana-sini, namun kami  yakni dengan semangat yang kuat antar managemen dan visi bersama membangun SIMRS di rumah sakit ini akan maksimal, dan menjadi solusi bagi informasi pasien serta masyarakat umum,” pungkasnya (kominfo/fdl)
  News