Situs Karang Patihan Balong Bukti Peradaban Abad 10

Situs Karang Patihan Balong Bukti Peradaban Abad 10

Situs Karang Patihan Balong Bukti Peradaban Abad 10

Comments Off on Situs Karang Patihan Balong Bukti Peradaban Abad 10
Balong- Nama Desa Karang Patihan, yang sempat trend sebagai Kampung Idiot ternyata memiliki situs sejarah. Situs tersebut berupa Sendang atau Beji. Yakni sebuah pertirtaan yang digunakan sebagai irigasi dan pemandian pada abad ke 10. Yang pada masa berkembangnya Kerajaan Mataram Kuno.
Situs dengan memiliki luas sekitar 16 x 16 m. Di dalamnya terdapat kolam dengan luas bersih 12,5 x 12,5 meter. Ketebalan dinding sekitar tiga meter serta ketinggiannya 2,32 meter.
Di sebelah barat daya kolam tersebut terdapat dua bilik berukuran 5,4 x 5,4 meter. terdapat bangunan baru. Diperkirakan hasil rehab pada zaman Belanda.
Situs Sendang Beji menghadap ke timur laut. Di bagian depan terdapat dua arca. Yang satu ter-identifikasi Arca Dwarapala dan satunya Agesti dengan membawa kendi kamandanu ditangan kirinya.
Diperkirakan ada sebuah tangga masuk yang berada persis di depan pintu masuknya, disisi tenggara terdapat miniatur lumbung. Sekitar 24 cm, arah barat daya terdapat sebuah pancuran air yang berfungsi mengisi air kolam. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top