Situs Makam Guno Seco Tak Sepi Dari Peziarah

Situs Makam Guno Seco Tak Sepi Dari Peziarah

Situs Makam Guno Seco Tak Sepi Dari Peziarah

No Comments on Situs Makam Guno Seco Tak Sepi Dari Peziarah

Komplek Makam Guno Seco

Siman-Berbicara soal Ponorogo memang tidak bisa lepas dari persoalan warok. Maka tidak sedikit orang menyebut Ponorogo adalah kota warok. Walau toh hingga kini istilah warok masih belum ada kesepahaman mengenai arti.

Namun semua masyarakat secara sendiri memahami warok selalu berhubungan dengan kesaktian dan ilmu kanuragan.

Hal itu karena munculnya 2 tokoh warok yang cukup terkenal dan sering adu kanuragan dan ilmu kesaktian dan keduanya telah menjadi simbol ketokohan warok di Kota asal kesenian reyog ini. Keduanya adalah Suro Menggolo dan Guno Seco.

Karena ketokohan para warok yang selalu melekat di masyarakat dengan kesaktiannya, maka warok bersimbol sebagai bapak bagi masyarakat. Ia penuh dengan welas asih dan bijaksana bagi para kawula dan pendereknya.

Maka tak heran jika makam Warok Guno Seco yang terletak di Desa Siman ini tidak sepi dari peziarah. “Peziarah yang datang tidak hanya dari dalam kota Ponorogo, tapi banyak yang datang dari luar kota,” ujar Sukiman Juru Kunci Makam Guno Seco.

Kedatangan mereka, bertujuan untuk berdo’a pada Tuhan Yang Maha Esa, bertempat di Makam Guno Seco atau Suminten yang merupakan putri dari Guno Seco.

Perlu di ketahui bahwa makam Guno Seco dan Makam Suminten ada dalam satu komplek Makam Guno Seco. Keduanya mudah di hafalkan, karena nisannya terbuat dari batu. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top