Tanjung Sari Dengan Sentra Industri Krupuk

Tanjung Sari Dengan Sentra Industri Krupuk

Tanjung Sari Dengan Sentra Industri Krupuk

Comments Off on Tanjung Sari Dengan Sentra Industri Krupuk

Bu Ikah salah satu pengraji krupuk di Desa Tanjung Sari

Jenangan-Desa Tanjung Sari, merupakan sebuah Desa yang ada di Kecamatan Jenangan. Desa yang memiliki 3 Dukuh ini, yakni Dukuh Krajan 1, Dukuh Krajan 2, Dukuh Pakem dengan 6 Rukun Warga dan 24 Rukun Tetangga. Di Desa inilah tidak kurang dari 9 warga masyarakatnya yang sudah lebih dari 20 tahun menekuni pembuatan krupuk.

“Krupuk merupakan produksi dari Home Industri yang telah puluhan tahun berkembang,” Terang Bairun Muqodin Kepala Desa Tanjung Sari.

Masih menurut Bairun, Produksi Krupuk Di Tanjung Sari semuanya beroperasi setiap hari. Mereka memiliki karyawan untuk produksi, mengolah dan memasarkan.

Maka pada Desa yang luas wilayah 333,400 Ha ini terus bergeliat.

“Ada yang mempunyai pasar untuk lauk pauk tiap hari dan ada yang memiliki pasar untuk lauk pauk khusus di acara pesta atau krupuk manten (pesta hajat pernikahan)” terang Bairun lebih lanjut.

Mayoritas penduduk Tanjung Sari bercocok tanam atau petani, maka tidak sulit mencari lokasi home industri Krupuk, pada Desa yang memiliki jumlah penduduk 3252 orang.

Misalkan sekitar 300 Meter ketimur kita menjumpai beberapa rumah yang memproduksi Krupuk. Bahkan di rumah mereka ada papan yang bertuliskan nama Produksi Krupuk Kebanggaan.

Bu Ikah salah satu pemilik home industri krupuk, memulai usaha rumahan krupuk lebih dari 25 tahun. Krupuk yang diproduksinya sejenis lauk pauk tiap hari.

“Kita usaha krupuk sudah lebih dari 25 tahun. Bahan baku kita dulu hanya tepung 5 kg,” terang Bu Ikah.

Produksi Bu Ikah adalah Krupuk rasa terasi udang. Krupuk tersebut ia pasarkan pada wilayah Jenangan, Pasar Legi dan sekitarnya.

Kini Bu Ikah dengan 5 karyawan produkasi setiap hari mampu mengolah 70-90 tepung sebagai bahan krupuknya. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top