Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Tarif Tak Sesuai, Teliti Sebelum Memilih Armada Bus

Tarif Tak Sesuai, Teliti Sebelum Memilih Armada Bus

By on March 21, 2018 0 289 Views

Guridno H. W. Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Ponorogo

Akhir – akhir ini jagat media sosial Ponorogo viral terhadap tarif bus  Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) Patas yang menerapkan tarif yang tidak sesuai, pasalnya terdapat salah satu PO bus patas yang mengaku sebagai bus biasa. Hal ini membuat banyak masyarakat yang merasa tertipu, dan langsung mempostingnya di media sosial. Kasus ini kebanyakan terjadi dari rute Surabaya –Ponorogo.

Guridno Hesti Wibowo Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Ponorogo saat di konfirmasi terkait tarif armada bus milik PO Madjoe Utama/ bus Beruang Putih yang viral tersebut mengungkapkan untuk armada tersebut Kartu Pengawasan (KPS) memang trayek patas bukan ekonomi, “jadi untuk tarif segitu emang tarif yang dikenakan di armada patas, setiap hari dan setiap pemberangkatan kami adakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) terhadap armada yang akan berangkat dan tidak ada pelanggaran tarif satupun”, ungkapnya, Rabu(21/3).

Guridno juga menghimbau kepada masyarakat, “untuk lebih teliti dalam memilih armada ketika mau berangkat dan lebih selektif dalam mencari informasi terkait armada yang mau dinaiki kepada petugas yang ada di lapangan, atau bisa langsung menanyakan terhadap petugas yang ada di terminal tersebut”, ujarnya.

Terkait adanya pelanggaran tarif dan lain sebagainya Guridno berpesan, “kepada penumpang untuk melapor di kantor Polsek  terdekat dengan menunjukkan karcis yang ia terima dan Nomer Kendaraan Polisi (nopol) armada tersebut, kalau tidak memungkinkan bisa sms/telepon nomor perusahan bus tersebut yang biasanya tertera di dalam bus, dan bisa juga untuk melaporkan kejadian tersebut di Teminal tujuan penumpang dengan bukti karcis dan Nopol armada tersebut, ini juga lagi di kembangkan terkait aduan online dari masyarakat, sehingga masyarakat lebih mudah dalam melaporkan terkait hal seperti itu”, imbuhnya.

Suyatno Kepala Terminal Selo Aji Kabupaten Ponorogo

Sedangkan menurut Suyatno Kepala Terminal Selo Aji Kabupaten Ponorogo saat kami konfirmasi mengungkapkan persoalan ini terjadi dari arah Surabaya – Ponorogo, kalau ini disini selalu kami adakan ramp check dan KPS dalam setiap mau pemberangkatan, “KPS armada tersebut patas bukan ekonomi, jadi untuk tarifnya sendiri itu mengacu pada tarif patas”, ujarnnya.

Winarko, bagian mandor PO Madjoe Utama

Winarko, bagian mandor PO Madjoe Utama saat dikonfirmasi di terminal mengungkapkan jika berangkat dari Ponorogo dengan tarif patas discount yaitu Rp. 30.000,-, nah kalau pemberangkatan dari Surabaya tarif patas normal Rp.50.000,- , dan semua penumpang harus pakai karcis tanpa terkecuali, “untuk keluhan penumpang atau menemukan tarif bus beruang putih diatas tarif tersebut silahkan lapor ke PO Madjoe Utama atau melalui nomer aduan yang tertera didalam bus, nanti bakal kita tindak lanjuti”,ungkapnya (kominfo/fdl)