Breaking News
  • Home
  • News
  • Tata Kota Ponorogo Kian Berbenah Untuk Sabet Adipura

Tata Kota Ponorogo Kian Berbenah Untuk Sabet Adipura

By on November 5, 2018 0 165 Views

Tata kota wilayah Kabupaten Ponorogo kian berbenah. Pasalnya beberapa hari kedepan ruas Jalan Sukarno Hatta (depan Pasar Legi) hingga perempatan Jalan Wilis sedang dibangun median jalan yang dilengkapi dengan tanaman.

Hal tersebut dilatar belakangi sesuai dengan permintaan polisi lalu lintas lantaran kemacetan diruas jalan tersebut. Kemudian di tindak lanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menambah ruang terbuka hijau dimedian jalan tersebut atas petunjuk Bappeda.

Erry Setyoso Birowo, Kasi Pertamanan dan Penataan Keindahan Kota, Dinas Lingkungan Hidup saat meninjau lokasi pembangunan median jalan di ruas jalan soekarno hatta

Rencana pembangunan median jalan tersebut awalnya yang diminta pihak kepolisian sampai perempatan pabrik es. Akan tetapi melihat anggaran bisa sampai perempatan jalan Wilis. “Rencananya mintanya dari kepolisian sampai pabrik es, tetapi setelah melihat anggarannya sampai jalan Wilis,” ungkap Erry Setyoso Birowo, Kasi Pertamanan dan Penataan Keindahan Kota, Dinas Lingkungan Hidup saat ditemui di lapangan, Senin, (5/11).

Sebelum pengerjaan median jalan ini pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait, mulai dari kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Satpoll PP, Dinas PUPR, dan Dinas Pasar. Setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkait kemudian diserahkan ke konsultan perencanaan, dan setelah itu di ambil keputusan untuk lebar median jalan 50 cm dan untuk pejalan kaki cuma ada 1 ruas. “Ya nantinya untuk luas median 50 cm dan untuk ruas pejalan lali cuma satu tepat didepan pintu masuk pasar,” imbuhnya.

Erry menjelaskan untuk anggaran median jalan ini Rp 200 juta untuk ruas jalan sepanjang kurang lebih 250 meter sedangkan tanamannya yang di median jalan nantinya bakung sama palem kuning. “Median jalan ini menelan anggaran Rp 200 Juta dengan panjang kurang lebih 250 meter serta untuk tanamannya nanti bakung dan palem kuning,” jelasnya.

Disamping itu Erry juga menambahkan kenapa untuk median jalan ini dikerjakan oleh DLH karena untuk salah satu penilaian adipura dan ruang terbuka hijau. “Untuk pos anggarannya masuk di DLH karena ini merupakan salah satu penilaian adipura dan ruang terbuka hijau,” pungkasnya.

Terpisah, Iptu Yudi Kristiawan,  KBO Satlantas Polres Ponorogo berharap dengan dibangunnya median jalan ini nantinya bisa mengurai kemacetan dan laka lantas yang berada di depan pasar songgolangit. “Ya nantinya median jalan ini bisa mengurai kemacetan dan laka lantas serta mempercantik kota Ponorogo,” ungkapnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *