Breaking News
  • Home
  • Umum
  • Telaga Ngebel Diperkirakan Penuh di April

Telaga Ngebel Diperkirakan Penuh di April

By on January 20, 2019 at 6:16 pm 0 245 Views

*WADUK* alam Telaga Ngebel diperkirakan akan mencapai tinggi air maksimal pada April mendatang. Hal ini dilihat dari peningkatan elevasi atau tinggi permukaan air di danau legendaris ini yang terus baik sekitar 4 cm hingga 8 cm tiap harinya.

Pengawas Lapangan dan Pengamat Elevasi Air Perum Jsaa Tirta Madiun Wilayah Kerja Telaga Ngebel Muhammad Sidiq mengatakan, kondisi permukaan air di Telaga Ngebel terus meningkat sejak musim hujan tiba dan hujan deras terus berlangsung sekitar satu bulan terakhir. Semakin tingginya curah hujan juga telah membuat pasokan air di irigasi aliran Telaga Ngebel bertambah. Pintu air Telaga Ngebel pun telah ditutup sejak 21 Desember 2018.

“Dengan penutupan tersebut maka saat ini sudah terjadi kenaikan elevasi air di Telaga Ngebel sebesar 4 cm sampai 8 cm perhari. Dari pemantauan kami elevasi air pada 14 Januari lalu sudah mencapai 723,34 m SHVP (Surabaya Haven Vloed Peil/Tinggi Banjir Pelabuhan Surabaya). Dengan kenaikan setinggi 8 cm perhari diharapkan sampai bulan April elevasi sudah mencapai 731,50  m SHVP,” ungkap Sidiq, Minggu (20/1/2019).

Angka ini adalah angka elevasi tertinggi untk Telaga Ngebel. Artinya, Telaga Ngebel sudah tergolong penuh dalam menampung air dari sumbernya di bagian hulu. Setelah tercapai elevasi ini maka pintu air akan dibuka dan disalurkan melalui irigasi yang ada.

“Kalau sudah penuh, maka selanjutnya akan dibuka kembali pada bulan Mei. Saat itu para petani mulai membutuhkan air untuk mengolah sawahnya,” terang Sidiq.

Muhammad Sidik berharap curah hujan yang terjadi cukup stabil sehingga elevasi air Telaga Ngebel bisa bertambah sesuai perkiraan. Pihaknya berharap pada kemurahan Tuhan. “Semoga Tuhan memberikan cukup hujan sesuai musimnya dan tidak terjadi kemarau panjang,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  Umum
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *