Tilik Desa Wates Jenangan: Bupati Lakukan Panen Raya Padi Organik dan Budidaya Ikan

Tilik Desa Wates Jenangan: Bupati Lakukan Panen Raya Padi Organik dan Budidaya Ikan

Tilik Desa Wates Jenangan: Bupati Lakukan Panen Raya Padi Organik dan Budidaya Ikan

Comments Off on Tilik Desa Wates Jenangan: Bupati Lakukan Panen Raya Padi Organik dan Budidaya Ikan

PONOROGO, (JENANGAN) – Sedikit agak berbeda dengan kegaiatan rutin Tilik Desa Bupati dan Wakil Bupati yang telah dilakukan sebelumnya. Tilik Bupati H. Ipong beserta wakil bupati, Sekda dan jajaran perangkatnya (OPD) kali ini, Jumat, (10/03) di Desa Wates Kecamatan Jenangan, melakukan banyak sekali agenda kegiatan.

Di luar yang inti yaitu dialog serap aspirasi warga masyarakat, Kali ini bupati beserta rombongan yang tentunya didampingi kepala desa dan perangkatnya serta Camat Jenangan, bupati begitu datang di desa paling ujung timur kecamatan Jenangan berbatasan dengan kecamatan Ngebel, langsung didaulat untuk melihat kegiatan warga setempat berupa budi daya ikan Lele Organik.

Dimana Bupati, H. Ipong, Wakil Bupati, H, Sudjarno, serta Sekretaris Daerah, Agus Pramono, juga diberi kesempatan untuk melakukan tebar benih ikan lele organik di beberapa kolam plastik yang ada di area tersebut, yang berjumlah puluhan.  Usai itu, setelah dialog sebentar dengan Ketua Pengelola budidaya ikan tentang pengembangan usaha ini, Bupati H. Ipong langsung melakukan penanaman pohon, masih di lokasi yang sama yang terletak di selatan Balai Desa Setempat.

Selanjutnya, tapa jeda waktu, bupati beserta rombongan langsung bergeser di selatan balai desa yang merupakan area persawahan, guna melakukan Panen Raya Padi Organik Gapoktan Harapan Makmur desa Wates Jenangan. Setelahnya, saat memasuki acara ramah tamah dan dialog di balai desa, bupati masih harus melakukan sidak produk hasil UKM warga dan terakhir penandatanganan BUM-Des desa yang bersangkutan.

 

Kepada bupati, H. Ipong Muchlissoni beserta rombongan, beberapa hal dan harapan disampaikan Kepala Desa Wates, Kabain. Salah satu intisari yang terpentiong yg ia sampaikan adalah soal komitmen pihak desa beserta gapoktan dan Pokmas setempat, untuk terus mengembangkan potensi budidaya Ikan Lele dan Padi Organik. Ia tegaskan bahwa hal ini akan terus berkesinambungan dan terus akan  dikembangkan.

“Selanjutnya kita laporkan kepada bapak bupati, tentang apa yang menjadi keluhan kita semua. Yaitu diantaranya soal sarana irigasi lahan pertanian yang sudah rusak dan perlu bantuan dari pemerintah daerah untuk memperhatikan dan dibantu. Kemudian selanjutnya tentang kondisi jalan poros desa yang sudah rusak. Tepatnya jaluk masuk dari desa Paringan yang nampaknya perlu segera diperbaiki dengan sistem cor,” harap Kepala Desa.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa ruas jalan poros dan vital lainnya juga ada beberapa yang rusak dan perlu perbaikan. Apalagi, menurut Kepala Desa, jalan poros desa Wayes ini, belum ada sama sekali yang di tepi kanan kirinya ada got saluran irigasinya.

Usai mendengar beberapa keluhan dan masukan dari Kepala Desa, Bupati H. Ipong menyampaikan rasa bangganya dengan semua potensi yang dimiliki desa Wates ini. Apreasi dengan aksi dan gerakan maju kelompok tani, pokmas, dan masyarakatnya yang memiliki beberapa UKM unggulan.

“Saya kira yang perlu dilakukan dan dikembangkan pak Lurah dan Pokmas, Gapoktan dan ormas serta lainnya, adalah sebuah upaya untuk terus mengembangkan potensi yang ada. Baik itu budi daya ikan lele, yang mungkin nanti bisa diganti dengan ikan lainnya yang lebih mahal harganya ketika dijual. Kemudian juga pertanian organiknya. Sebuah langkah yang sangat pas dengan program kita saat ini yaitu Organikasi sektor pertanian,” terang Bupati H. Ipong.

Selanjutnya bupati juga melihat potensi lain yang tak kalah bagusnya, yaitu adanya degan kambil ijo yang disampaikannya sudah agak jarang ditemui dan sangat bermanfaat untuk menjadi obat tradisional penyubur wanita yang kesulitan hamil. Pun pula bupati menanggapi soal permintaan bantuan Mobil Ambulan Desa yang kini ia namai dengan Mobil Siaga Desa. Melihat letak wilayah yang jauh dari pusat kota, bupati sambil sedikit bercanda, menyampaikan bahwa desa Wates ini, sepertinya layak untuk mendapatkan mobil operasional desa itu. (kominfo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top