Breaking News
  • Home
  • News
  • Uji Kelayakan 2 Gedung Vital Di Ponorogo Bakal Di Lakukan

Uji Kelayakan 2 Gedung Vital Di Ponorogo Bakal Di Lakukan

By on May 7, 2018 0 223 Views

Beberapa waktu lalu runtuhnya sebagian gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta membuat Pemkab Ponorogo Was-was, Karena itu pemkab ponorogo menyiapkan tim uji kelaikan gedung perkantoran dan layanan publik.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman bakal adakan uji kelayakan terhadap 2 gedung milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, yaitu gedung Krida Praja lantai 8 dan gedung terpadu lantai 6. karena kedua gedung tersebut tidak pernah teruji kelaikannya. jika demikian, maka tidak pernah di ketahui sampai kapan gedung tersebut bertahan atau pada bebdan maksimal berapa gedung tersebut kuat berdiri.

Ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Endang Retno Wulandari, memang untuk kedua gedung tersebut belum pernah di lakukan uji validasi dan kelayakan, “dikawatirkan tentu saja sewaktu-waktu bisa ambruk,” ungkapnya, Senin (7/5).

Dua gedung yang menjadi tempat bekerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ponorogo memang diperlukan uji kelaikan, kalau tidak di lakukan uji kelaikan maka tidak mengetahui masa umur gedung tersebut. “uji kelaikan itu penting dan Pemkab sendiri belum pernah melakukannya, ini baru kami rencanakan,” ungkapnya.

Retno menambahkan, Untuk masalah validasi gedung tersebut Pemkab Ponorogo tidak mempunyai Tim Ahli Bangunan dan Gedung (TABG). sehingga kami kami berkoordinasi dengan daerah sekitar yang sudah memiliki TABG untuk nantinya menguji kelaikan termasuk perangkat listrik dua gedung vital di Ponorogo tersebut sesuai dengan Permintaan Bupati.

“Jika setelah pengujian gedung pemda tersebut laik fungsi, maka akan mendapat Sertifikat Laik Fungsi (SLF), sampai saat ini seluruh gedung di Ponorogo belum mempunyai SLF” Tambah Retno.

“Untuk uji kelaikan sudah kami anggarkan untuk PAK tahun ini,” imbuhnya. (kominfo/fdl)

  News