Breaking News
  • Home
  • News
  • UMKM Jatim Siap Go Internasiol Melalui Aplikasi Jualan Online

UMKM Jatim Siap Go Internasiol Melalui Aplikasi Jualan Online

By on November 11, 2018 0 82 Views

E-Commerce atau perdagangan elektrik mulai dipikirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Gubernur Jatim, Soekarwo Pemrov Jatim siap memasarkan produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh kota dan kabupaten yang berada di Jatim.

Aplikasi berbasis androidlah nantinya yang bakal memasarkan produk-produk UMKM melalui marketpalce besutan Pemprov Jatim yang bekerjasama dengan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia.

Gubernur Jatim, Soekarwo didampingi Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni saat mencicipi Dawet Jabung yang berada di stan Pameran UMKM Jatim, Senin, (12/11)

“Jatim memiliki potensi UMKM yang bisa merambah ke pasar Internasional, tapi itu harus melalui tahap standarisasi, baik rasa, bentuk, maupun kemasannya,” ungkap Gubernur Jatim Soekarwo usai membuka pameran UMKM Jatim di Aloon-aloon Ponorogo, Senin (12/11).

Jatim sendiri ada 1.400 jenis UMKM, kalau di Ponorogo sendiri sesuai dengan program bupati, one village one product nantinya bakal menambah banyak jenis produk unggulan jatim untuk merambah pasar Internasionl.

“Dari ribuan jenis UMKM nantinya bakal ada standarisasi agar layak masuk ke pasar Nasional maupun Internasional,” imbuhnya,

Pakdhe juga berpesan kepada para petani agar bisa lebih kreatif lagi dalam produksinya, agar memberikan nilai lebih dari hasil panennya. “Ya kayak petani pisang, jangan menjual pisang segarnya aja, tapi ya dibuat keripik, kan kalau segar satu minggu aja udah membusuk, kalau jadi kripik bisa tahan lama dan miliki nilai lebih,” pesannya.

Pakde juga mengingatkan agar petani bisa memberikan nilai lebih pada hasil panenannya. “Petani pisang jangan hanya menjual pisang segarnya. Tapi bisa dibuat keripik. Kalau segar seminggu bisa jadi sudah busuk kalau sudah jadi keripik kan bisa awet dan punya nilai jual lebih,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyatakan saat ini Pemkab sendiri dalam membantu penjualan produk UMKM di Ponorogo sangat getol sekali. “Kita sudah berjualan melalui pemeran dan bazar. tapi kalau Pemprov ada program seperti itu ya kita ikut saja,” ungkapnya.

Disamping melakukan pameran dan bazar UMKM, Pemkab Ponorogo juga bakal berencana akan menitipkan di minimarket-minimarket yang ada, dan ada pula nantinya bakal menggelar produk UMKM disatu tempat yaitu Kampung Reyog yang sekarang masih proses di bangun. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *