Breaking News
  • Home
  • News
  • UNBK SMP Tesendat, Ka Dindik Himbau Panitia Ujian Untuk Menenangkan Siswa

UNBK SMP Tesendat, Ka Dindik Himbau Panitia Ujian Untuk Menenangkan Siswa

By on April 23, 2018 0 239 Views

Tutut Erliena KaDindik Kabupaten Ponorogo

Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs hari ini Senin(23/4) di gelar serentak seluruh Indonesia hingga 4 hari kedepan. Untuk UN di Kabupaten Ponorogo di bagi menjadi 2 yang pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan  Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) atau yang biasa disebut Paper Basic Test (PBT). Data di Dinas Pendidikan (Dispendik) Ponorogo menunjukkan dari 90 lembaga SMP Negeri dan Swasta, hanya 37 lembaga yang menyelenggarakan UNBK. Sedangkan sisanya sebanyak 53 lembaga masih UNKP. Sedangkan untuk MTs seluruhnya ada 82 lembaga menyelenggarakan UNBK.

Dihari pertama ini ada trouble sedikit terkait yang menyelenggarakan UNBK, karenanya pada sesi I server pusat mengalami maintenance. dan ini berdampak terhadap molornya penyelenggaraan UNBK itu sendiri. Ungkap Imam Aidin salah satu Proktor SMKN 1 Ponorogo yang membantu SMPN 4 Ponorogo mengungkapkan kepada Ponorogo.go.id, untuk penyelenggarakan pada sesi pertama ini molor, yang seharusnya di jadwalkan pada pukul 07:30 WIB sudah mulai akan tetapi ada masalah di pusat, sehingga ujian mundur sampai jam 8:15 WIB baru normal, “selama itu kami menunggu untuk  status sever pada sekolah aktif sehingga token bisa keluar, baru bisa kita memulai ujian”, ungkapnya.
Disamping itu Kepala Dinas Pendidikan, Tutut Erliena saat kami konfirmasi terkait kendala UNBK tersebut membenarkan adannya masalah di server pusat tersebut, di Ponorogo sendiri ada beberapa ruang ujian yang mulainya pukul 09:20 WIB.  Tutut juga menghimbau kepada seluruh proktor yang ada disemua lembaga penyelenggara untuk sering melakukan logout pada aplikasi ujiannya karena setiap saat server pusat ada informasi Offline, Standby, maupun Aktif pada server sekolah sendiri, sehingga untuk kecepatan aktifnya berbeda. “Makanya tadi di mulainya ujian berbeda – beda pada lembaga penyelenggaranya tergantung status server sekolahhnya jam berapa aktinya,” ujarnya.
Terkait masalah UNBK dihari pertama ujian ini, Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Babadan tersebut juga berpesan kepada panita ujian kalau ada masalah seperti ini untuk menenangkan peserta didik, sehingga peserta didik tidak down mentalnya dalam menghadapi ujian, “ya sebenarnya ini masalah bisa diatasi oleh proktor sekolah /helpdesk Kabupaten karena mereka sudah di kasih cara bila mengalami masalah terkait UNBK itu sendiri, untuk panitia tugasnya menenangkan muridnya biar tidak down saat ujian berlangsung,” pesannya.
Sedangkan untuk UNKP sendiri untuk hari ini tidak ada masalah seperti salah soal dan lain sebagainya. (Kominfo/fdl)
  News