Unduh Mantu, Bupati Terapkan Adat Busana Manten Ponoragan

Unduh Mantu, Bupati Terapkan Adat Busana Manten Ponoragan

Unduh Mantu, Bupati Terapkan Adat Busana Manten Ponoragan

Comments Off on Unduh Mantu, Bupati Terapkan Adat Busana Manten Ponoragan
PONOROGO, – Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni, Sabtu (09/09) akan melangsungkan pernikahan anak perempuannya, Maraya Zhafira Nur Islami yang akan melaksanakan akad nikah dengan Ipda Aldhino Prima yang merupakan anak pejabat tinggi kepolisian. Acara “Ngunduh Mantu” yang diperkirakan akan menjadi resepsi pernikahan yang paling besar dan mewah di Ponorogo bahkan mungkin se-karesidenan Madiun.
Karena seperti yang dijelaskan bupati H. Ipong kepada para wartawan, Kamis (07/09) tasyakuran pernikahan anak perempuannya ini akan mengundang 6 ribu orang. Dan yang diundang bukan hanya kalangan keluarga dan teman saja. Tetapi hampir semua kalangan warga akan dilibatkan dalam acara tasyakuran ini.
Dari daftar undangan yang disampaikan, undangan telah disebar ke para pejabat tinggi Jawa Timur hingga pejabat tinggi negara. Namun demikian, diluar itu, yang patut diapresiasi adalah diundangnya nasyarakat kususnya warga Ponorogo dari perangkat desa hingga warga biasa. “Kebetulan beberapa Menteri ada yang teman saya. Lalu anggota DPR RI, hingga para pemimpin Parpol seperti Ketua Umum Partai Gerinda, Prabowo Subianto, Nasdem Surya Paloh, dan lainnya juga kita undang. Tentu juga para pejabat tinggi di Jawa Timur seperti Gubernur, Kapolda, Kajati, Pangdam, juga kita undang,” terang bupati H. Ipong.
“Untuk Ponorogo, semua pejabat dari semua unsur pemerintahan, DPRD,Ormas, Pimpinan Pondok, kita undang semua. Bahkan para perangkat desa, hingga warga biasa juga banyak yang saya undang,” tambahnya.
Diluar menyebar undangan kepada semua elemen masyarakat tersebut, konsep resepsi pernikahan anak bupati ini juga akan diselenggarakan dengan konsep unik, berbeda dan istimewa. Dimana ditegaskab bupati bahwa konsep pernikahan nanti akan menggunakan konsep pernikahan Khas Ponoragan.
“Beberapa bulan lalu telah ditetapkan pakaian khas pernikahan ala Ponoragan. Oleh karena itu, insya Alloh pernikahan nanti akan menjadi pernikahan khas Ponorogan yang pertama kali. Selain dg busana khas Ponoragan, juga dikemas dengan bahasa ” ngoko” khas Piniragan. Termasuk ritual2 yang akan dilaksanakan nantinya.
Sepengetahuan saya, di Indonesia ini ada sekitar 40 daerah yang sudah memiliki adat khas pernikahan. Karenanya konsep pernikahan khas Ponorogan saya nanti, kita harapkan akan menjadi tonggak awal bahwa kita juga memiliki adat khas manten sendiri. Sehingga bisa menambah khasanah 40 adat mantenan di Indonesia kita ini,” tambah bupati yg sengaja mengundang seluruh wartawan di Ponorogo untuk memberikan keterangan resmi soal acara pernikahan Sabtu besok tersebut. (Kominfo/jmn)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top