Wringin Anom Lestarikan Tradisi Selan

Wringin Anom Lestarikan Tradisi Selan

Wringin Anom Lestarikan Tradisi Selan

Comments Off on Wringin Anom Lestarikan Tradisi Selan
Sambit – Tlagan Mantilirejo adalah sebuah lokasi di Banyuripan yang dipakai untuk pelaksanaan upacara tradisi Bersih Desa, di Wringin Anom. Bersih Desa yang dilaksnakan dengan ritual tertentu hari Jumat (18/08) juga diadakan, pementasan aneka kesenian yang ada di Desa Wringin Anom.
Bahkan yang menarik, diadakan juga pementasan Gong Gumbeng, satu satunya kesenian adat yang ada di Ponorogo. Kesenian Gong Gumbeng adalah alat musik dari bambu. Gong Genjor,angklung,  siter, kendhang yang berirama tayub.
Gong Gumbeng merupakan kesenian yang di bawa oleh Mbah Iro Biri dari Mataram.
Menurut sesepuh desa, Mbah Iro Biri juga yang mengajak Lurah Wringin Anom, Angga Duwa, untuk Bersih Desa. Sebab Mbah Iro Biri menerima mimpi agar mengadakan Bersih Desa di Tlagan Banyuripan.
“Kita hanya melaksanakan tradisi ini agar bisa lestari. Sebab bagaimanapun kegiatan ini adalah sebuah adat yang menjadi kekayaan desa,” ujar Sutini, Kepala Desa Wringin Anom.
Dengan bersih Desa ini Sutini, berharap Desa Wringin Anom dan seluruh masyarakatnya ayem tentrem, guyub rukun sehingga menjadikan Wringin Anom gemah ripah loh jinawi, murah sandang dan murah pangan,” terang Sutini lebih lanjut.
Selain pementasan seni dan ritual di Tlagan juga malamnya diadakan pagelaran Wayang Kulit, dengan Dalang Yasin Kondho Buwono dalam lakon pamong Sejati.

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top