Bupati Ipong Buka Pesta Perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo

Bupati Ipong Buka Pesta Perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo

No Comments on Bupati Ipong Buka Pesta Perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo

PONOROGO, – Secara resmi perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo 521 dibuka Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni, malam ini, Selasa (12/09) di panggung utama Alun-alun kota Ponorogo. Perayaan Grebeg Suro tahun ini digabung dengan Peringatan Hari Jadi Ponorogo ke-521. Sehingga salah satu acara inti keduanya juga langsung digabung jadi satu rangkaian. Yakni Festival Reog Mini XV dan Festival Nasional Reog Ponorogo XXIV.

Berbeda dari pembukaan tahun-tahun sebelumnya, menandai pembukaan perayaan Grebeg Suro tahun ini, ditandai dengan Penyerahan Topeng dan Pecut Samandiman kepada tokoh Klono Sewandono. Diluar itu, rangkaian acara pendukung pembukaan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti pesta kembang api hingga beberapa penampilan tari dan reyog.

“Peringatan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo tahun ini sengaja kita jadikan satu. Dengan pemikiran bahwa kedua even akbar itu jarak waktunya berdekatan. Namun demikian kita yakinkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi kemeriaan pesta grebeg suro kali ini. Karena tahun ini, yang sudah dilakukan beberapa hari lalu telah kita adakan Parade Reyog Obyog yang diikuti oleh hampir 40 peserta,” terang bupati H. Ipong dalam sambutannya.

“Selain itu, festival Reyog Mini dan Festival Nasional Reyog Ponorogo juga masih dilakukan dan dikemas secara baik. Peserta Festival reyog juga meningkat kualitasnya. Peserta dari luar kota juga tetap banyak. Dimana tahun ini peserta Festival Reyog Mini berjumlah 30 peserta dari perwakilan kecamatan dan sekolah setingkat SLTP. Sementara peserta Festival Nasional Reyog Ponorogo, ada sejumlah 26 kontingen. Masing-masing 13 dari Ponorogo dan 13 sisanya dari luar kota,” tambah bupati yang baru saja mantu ini.

Penampilan pendukung pembukaan diantaranya adalah pertunjukan tari dan reyog bertema asal muasal terjadinya telaga Ngebel. Karawitan pengiring dari SMAN 1 Jetis dan lainnya. Usai pembukaan, langsung dilanjutkan dengan Festival Reyog Mini. Ribuan penonton hadir menyaksikan acra pembukaan malam ini. Baik yang melalui beli tiket maupun yang menyaksikan dari luar pagar. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top