Jelang Nataru, Pemkab Ponorogo Gelar Rakor Inflasi

By on December 11, 2018 at 5:13 pm 0 317 Views

PEMKABPonorogo memberikan perhatian khusus pada masa-masa menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 ini. Melalui koordinasi antarinstansi, diharapkan tidak terjadi gejolak harga sehingga ekonomi bisa lebih stabil.

Hal ini diutarakan Asisten Bupati Bidang Perekenomian Syaifurrochman saat Rakor TPID Kabupaten Ponorogo di convention hall Hotel Maesa, Ponorogo, Selasa (11/12/2018). Ia mengatakan, saat ini pihak Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Ponorogo sedang sedang dalam pengamatan dan melakukan pencatatan komoditas yang kemungkinan naik. Instansi-instansi yang berkaitan dengan masalah ini sedang berbagi tugas untuk kemudian merumuskan tindakan yang bisa diambil terkait kondisi yang ada.

“Kami terus melakukan koordinasi antarinstansi untuk menekan inflasi yang mungkin terjadi. Ini penting agar pertumbuhan ekonomi kita di daerah sampai ke nasional tidak terhambat,” Kata Syaifur.

Sementara itu Kepala BPS Ponorogo Siswi Harini mengatakan, sebenarnya ada pola pergerakan harga di Ponorogo yang sudah teramati selama beberapa tahun terakhir. Pada natal dan tahun baru selalu ada kenaikan harga. Karena itu, instansi terkait harus waspada.

Kepal BPS Ponorogo saat Rakor TPID Ponorogo di Hotel Maesa, Ponorogo, Selasa (11/12/2018) yang membahas berbagai persoalan yang diperkirakan menjadi penyebab inflasi menjelang natal dan tahun baru kali ini.

“Ada pergerakan harga komoditas konsumsi, ada kenaikan harga transportasi karena liburan dan ada juga kenaikan harga ongkos sekolah karena ini jelas masuk semester baru kan. Instansi yang terkait dengan masalah-masalah tersebut bisa mengawasi, apakah distribusinya atau sumbernya. Itu fungsinya koordinasi,” ujarnya.

Inflasi tahunan 2018 Ponorogo tercatat sebesar 2,37 persen. Komoditas yang paling menyumbang inflasi adalah dari transportasi, komunikasi dan jasa keuangan dan makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau. Sementara penyumbang terendah adalah dari bahan makanan. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *