Masuki Tahun Wisata Ponorogo 2019,Seluruh Warga Adalah Promotor Wisata

By on December 22, 2018 at 7:21 pm 0 724 Views

HADIRNYA Tahun Wisata Ponorogo 2019 adalah momentum penting bagi seluruh warga Ponorogo untuk turut mempromosikan kekayaan wisata dan budayanya semaksimal mungkin. Setiap warga bisa menjadi promotor alias pelaku promosi pariwisata untuk menghadirkan para pelancong berkunjung ke bumi reyog.

Bupati Ponorogo Ipong Muclissoni menyampaikan hal ini saat Soft Lauching Tahun Wisata 2019 Ponorogo di Taman Kelono Sewandono, Sabtu (22/12/2018). Bupati Ipong menyatakan, pencanangan awal Tahun Wisata ini dilakukan karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Ponorogo tahun 2016 -2021 menggariskan bahwa tahun 2019 sebagai tahun kunjungan wisata untuk Ponorogo.

“Mengapa harus ada soft launching ini? Karena kita ingin bahwa masyarakat Ponorogo dan masyarakat di luar Ponorogo mengetahui adanya Tahun Wisata di Ponorogo. Ada banyak kegiatan penunjang pariwisata yang dipersiapkan untuk menyambut datangnya wisatawan dari Ponorogo, sekitar Ponorogo dan dari manca negara,” ungkap Bupati Ipong saat peluncuran.

Bupati mengatakan, Pemkab Ponorogo telah mempersiapkan 83 kegiatan yang akan digelar selama satu tahun penuh di 2019 mendatang. Kegiatan tersebut pada hakekatnya adalah isi dari Kabupaten Ponorogo. Mulai dari kesenian, budaya, kuliner sampai potensi alamnya.

Seluruh warga dapat berperan aktif menjadi promotor atau pelaku promosi pariwisata untuk turut mendongkrak masuknya wisatawan ke Ponorogo. Masyarakat dapat menjadikan dirinya sebagai pemandu wisata alami di bumi reyog. Di antaranya dengan menghadirkan perilaku yang ramah, murah senyum dan informatif kepada semua tamu wisata yang datang.

Pihak-pihak terkait diharapkan bisa mempersiapkan berbagai properti dan peralatan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan kebudayaan dan pariwisata. Harus ada pula upaya untuk menggandeng biro-biro wisata.

“Jadi, seluruh masyarakat Ponorogo bisa dan diharap menjadi promotor-promotor wisata kepada mayarakat di luar Ponorogo agar datang sebanyak-banyaknya wisatawan ke Ponorogo ini,” ucap Bupati Ipong.

Berbagai kegiatan tersebut harus dikemas sebagus dan semenarik mungkin agar para wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo akan memiliki kesan positif yang mendalam tentang Ponorogo ketika kembali ke daerahnya masing-masing.

“Mari kita bangun suasana di mana nantinya wisatawan mempunyai kesan bahwa Ponorogo itu eksotis, Ponorogo itu cantik, Ponorogo itu bagus, Ponorogo itu ngangeni sehingga selalu ingin kembali ke Ponorogo,” ungkapnya.

Sebagai tagline, dipilih kalimat ‘Ayo Ke Ponorogo’. Tagline ini tidak hanya sebagai tagline Dinas Pariwisata tapi juga sebagai tagline Kabupaten Ponorogo. Kalimat ini wajib disematkan spanduk atau di semua model informasi pada seluruh dinas di Pemkab Ponorogo jika ada acara di luar.

“Kalau membuat spanduk atau banner, jangan lupa menyertakan kalimat Ayo Ke Ponorogo, beri tulisan #ayokeponorogo,” pungkas Bupati Ipong. (kominfo/tim)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *