Surat Suara Meningkat, KPU Kerahkan 300 Penyortir dan Pelipat

By on March 4, 2019 at 8:21 pm 0 189 Views

PEMILIHAN umum atau pemilu yang serentak antara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD dan Pilpres membuat lembaran surat suara yang akan dicoblos para pemilih meningkat. Untuk mengantisipasinya, KPU Kabupaten Ponorogo mengerahkan lebih banyak petugas sortir dan petugas lipat surat suara tersebut.

Para petugas sortir dan lipat surat suara yang dikerahkan KPU Ponorogo jumlahnya dinaikkan menjadi sekitar 300 rang atau tiga kali lipat dari biasanya karena banyaknya surat suara yang harus disorit dan dilipat.

Komisioner KPU Kabupaten Ponorogo Ahmad Fauzi Huda, Senin (4/3/2019) di kantornya menyatakan, sejak awal pekan lalu, KPU Ponorogo tengah memulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 300 orang petugas pun dikerahkan karena jumlah surat suara yang lebih banyak ketimbang pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kalau biasanya hanya memakai jasa 100 orang petugas, kali ini kita kerahkan sampai 300 orang. Tiga kali lipat dari biasanya untuk mengejar target selesai sebelum didistribusikan,” ujar Fauzi.

Sebelumnya, telah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk para calon anggota DPR RI. Dari 767.383 surat suara yang telah dikirim ke KPUD Ponorogo untuk pemilihan DPR-RI saat ini ada 2.000 lembar yang telah tersortir.

“KPU Ponorogo akan segera membuatkan berita acara untuk dimintakan penggantian ke KPU Provinsi,” terangnya.

Ia menjelaskan, setiap proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk satu pemilihan membutuhkan waktu 4-5 hari. Selanjutnya akan di jadwalkan untuk pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemilu lainnya.

“Targetnya sekitar tiga pekan selesai semua. Pertengahan bulan Maret ini kemungkinan sudah selesai. Para penyortir dan pelipat juga kita gilir untuk istirahat sebab tidak mungkin diminta bekerja terus. Kita khawatir mereka kelelahan,” ungkap Fauzi. (kominfo/dist)

  Umum
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *