Mulai Tahun Ini Perencanaan Kerja Dinas-Dinas Pemkab Ponorogo Libatkan Masyarakat

By on March 6, 2019 at 3:48 pm 0 215 Views

KETERLIBATAN warga dalam merencanakan dan merancang kegiatan yang harus dilaksanakan dinas-dinas dan badan dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Ponorogo akan semakin kuat.

Para peserta Forum Konsultasi Publik antusias mengikuti kegiatan yang membahas Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) pada Rabu (6/3/2019) di aula gedung Bappeda dan Litbang Kabupaten Ponorogo.

Hal ini terlihat dari digelarnya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) pada Rabu (6/3/2019) di aula gedung Bappeda dan Litbang Kabupaten Ponorogo. Dalam kegiatan ini, berbagai lapisan masyarakat mulai dari camat, lurah, kades, akademisi, praktisi hingga kelompok-kelompok perempuan dihadirkan. Mereka memberikan masukan dan pembahasan untuk Rancangan Awal RKPD 2020.

“Forum Konsultasi Publik ini adalah amanat Peraturan Mendagri 86/2017. Forum ini adalah yang pertama kali dilaksanakan. Pembahasannya adalah RKPD 2020. Tahun lalu kegiatan ini tidak ada. Setelah itu akan dilanjutkan dengan forum OPD yang merupakan paparan di hadapan bupati untuk menjelaskan dan meyakinkan bupati bahwa program kegiatan di OPD itu akan mendukung pencapaian visi misi bupati,” ungkap Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Ponorogo, Sumarno usai kegiatan.

Menurut Sumarno, kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk memperoleh masukan dari para pemangku kepentingan. Baik dari pihak swasta, akademisi, kelompok perempuan, kades, camat, kepala OPD. Dengan begitu, bisa menjadi awal penyempurnaan rancangan awal untuk di musrenbangkan.

“Hasilnya kemudian akan dirumuskan dan dibawa ke musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan). Rencananya kita akan Musrenbang di 21 Maret nanti,” tutur Sumarno.

Dengan adanya forum ini, lanjut Sumarno, masyarakat juga sudah akan mengetahui hal-hal yang akan diprogramkan di tahun 2020.  Termasuk mengontrol programnya nanti. Di forum ini, pemerintah juga minta masukan terkait program yang diinginkan oleh masyarakat di 2020.

Para perwakilan peserta Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) saat menandatangani berita acara pembahasan di akhir kegiatan.

Di penghujung kegiatan, para peserta yang hadir membubuhkan tanda tangan pada berita acara pembahasan yang telah dibahas dalam Forum Konsultasi Publik ini. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *