Sampaikan 4 Pilar Kebangsaan, Wabup Berharap Dapat Diterapkan di Masing masing OPD

By on March 13, 2019 at 4:28 pm 0 180 Views

Ngebel – Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno pada Rabu (13/3/2019) menjadi pemateri di Diklat PIM IV angkatan 10 yang dilaksanakan di Hotel Tlogorejo I Ngebel.  Soedjarno pada kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Pilar-pilar Kebangsaan. Wabup menyampaikan 4 pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan  NKRI.

Ke 4 pilar kebangsaan tersebut mempunyai fungsi masing – masing, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Wabup saat memberi materi pilar-pilar kebangsaaan kepada peserta Diklat PIM IV Angkatan 10 (Rabu, 13/03)

Ke 4 pilar kebangsaan tersebut sebagai pedoman menjadi warga negara Indonesia, salah satunya terkait dengan kinerja. Kinerja mengalami perubahan dari kinerja yang dilakukan secara manual menjadi serba mesin maupun teknologi karena  kemajuan jaman.

 Dalam pemaparannya Wabup menyatakan,“Perkembangan teknologi merubah pola dalam pemerintahan, contoh surat saat ini sudah tidak hanya dikirim secara fisik, namun dengan perkembangan jaman banyak beredar surat digital yang dapat lebih cepat diterima daripada surat fisik”.

Di akhir materi Wabup berpesan,” Perkembangan teknologi informasi begitu cepat,namun demikian tidak semua aparatur pemerintahan melek teknologi, maka diharapkan seluruh peserta diklat ini selain pandai juga melek teknologi dan juga harus rajin berkoordinasi antar instansi baik dalam daerah maupun daerah lain.”

Wabup Foto Bersama Peserta Diklat PIM IV

“Saya mengapresiasi diklat PIM IV ini dilaksanakan di tempat kita masing – masing karena lebih efisiensi, sekalipun saya berpikir kalau bergabung dengan daerah lain itu akan lebih memberikan wawasan lebih luas lagi, tapi itu tidak menjadi masalah diklat dilaksanakan disini, cuma harus dilaksanakan dengan sungguh – sungguh karena maknanya untuk memberikan bekal kepada peserta diklat”, tambah Wabup.

Wabup berharap semua ilmu yang didapat bisa diterapkan di instansi masing-masing, dengan tambahan ilmu ini diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi pemerintah daerah dan juga instansi masing-masing.

Diklat PIM IV angkatan 10 ini dimulai dari tanggal 4 Maret s/d 3 Juli 2019 dengan jumlah peserta 30 orang yang terdiri dari pejabat eselon IV dari beberapa OPD di Pemkab Ponorogo. (Kominfo)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *