HUT Tagana ke 15 Jadi Momentum Penting Untuk Bangun Komitmen

By on April 10, 2019 at 7:16 pm 0 482 Views

Ratusan personil dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dari Barkorwil Madiun dan beberapa personil dari Instansi terkait sejak pagi memadati halaman depan Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Ponorogo. Pasalnya hari ini, Rabu(10/4/2019) Tagana Kabupaten Ponorogo menggelar acara apel besar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TAGANA ke -15.

Penyerahan BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati Ponorogo kepada Tagana

Penyerahan tumpeng oleh Bupati Ponorogo kepada Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Ponorogo

Soemani, Kepala Dinas Sosial dan P3A mengatakan di HUT Tagana yang ke-15 ini di harapkan menjadi momentum penting untuk membangun komitmen dan apresiasi bersama serta meningkatkan kapasitas organisasi, kemanfaatan bhakti sosial dan peran strategis Tagana dalam penanggulangan bencana.

“Semua itu sudah di atur dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Serta Peraturan Menteri Sosial Nomor 29 tahun 2012 tentang Taruna Siaga Bencana,” ungkapnya.

Soemani juga menambahkan ini merupakan acara puncak peringatan HUT Tagana ke-15 sebelumnya juga ada beberapa jenis kegiatan seperti Peningkatan Kompetensi Tagana Muda, Bakti Sosial bersama Relawan se Ponorogo, dan Tagana Masuk Sekolah. 

“Kegiatan ini di mulai sejak Maret 2019 dan puncaknya hari ini, Rabu (10 April 2019),” tambahnya. 

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni pada amanatnya mengucapkan banyak terima kasih dan bangga kepada para penggiat penanggulangan bencana khususnya Tagana yang selalu sigap dalam menanggulangi bencana. Sedangkan untuk kegiatan yang utamanya Tagana masuk sekolah bisa lebih di tingkatkan lagi. Karena sebagai bentuk perkenalan kepada anak cara menyelamatkan diri dari bencana.

“Melihat kondisi Kabupaten Ponorogo yang dikelilingi pegunungan dan termasuk dalam wilayah rawan bencana. Untuk itu perlu adanya kesiapsiagaan bencana, dalam hal penanganan bencana, dan perkenalan penyelamatan diri dari bencana,” ujarnya. 

Dalam apel tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada Tagana Muda, dan BPJS Tenagakerjaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni kepada Tagana Ponorogo. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *