Manuk Juara 1 Lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari

By on May 13, 2019 at 10:08 am 0 150 Views

DESA Manuk, Kecamatan Siman, akhirnya diputuskan menjadi juara pertama Lomba Kawasan Pangan Lestari (KRPL) yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo. Manuk memimpin perolehan skor dari lima desa lain.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo Andi Susetyo, Senin (13/5/2019) di kantornya mengatakan, Desa Manuk mencapai skor 76, 583 poin mengungguli Desa Ngumpul, Kecamatan Balong yang meraih skor 76,225 sebagai runner up. Sedangkan posisi ketiga diduduki Desa Nglumpang, Kecamatan Mlarak dengan skor 73,658.

Salah satu kawasan peserta lomba KRPL Dinas Ketahanan Pangan 2019 Kabupaten Ponorogo.

Sedangkan posisi keempat, lima dan enam dari enam finalis ditempati seara berurutan oleh Desa Lembah (Kecamatan Babadan), Desa Dayakan (Kecamatan Badegan) dan Desa Suru (Kecamatan Sooko). Sebelumnya, keenamnya bersaing ketat dalam lomba yang digelar pada Rabu dan Kamis (1,2/5/2019) lalu. Mereka adalah enam desa terbaik pada pengelolaan KRPL dari 21 desa yang diikutkan dari seluruh kecamatan di Ponorogo.

“Pemenang akan kita ikutkan lomba yang sama di tingkan provinsi. Semoga tahun ini lomba itu tetap ada,” ungkapnya.

Terkait hal ini , Andi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan. Sehingga selain hadiah dan dana pengembangan, desa pemenang dibina pembinaan kegiatan KRPL-nya.

“Juga kita usulkan untuk dapat bantuan-bantuan pengembngan dari provinsi dan APBN,” tukasnya.

“Himbauan kami kepada semua kelompok masyarakat untuk mau memanfaatkan lahan pekarangannya. Ini untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga melalui penanaman-penanaman tanaman sayuran, buah-buahan, peternakan dan perikanannya,” pungkasnya.

Lomba KRPL adalah lomba desa dalam pemanfaatan lahan sisa di pekarangan rumahnya untuk hal-hal yang bermanfaat terkait pangan. Mulai dari penanaman sayur sampai beternak dan perikanan. Hal ini untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *