Hindari Rebutan Pemudik, Transportasi Online-Konvensional Tandatangani Kesepakatan

By on May 24, 2019 at 9:19 pm 0 170 Views

PENINGKATAN jumlah pemudik diantisipasi oleh para pelaku transportasi umum online maupun komvensional di Ponorogo dengan membuat sejumlah kesepakatan. Hal ini agar tidak terjadi gesekan antarmereka karena berebut penumpang yang turun di Terminal Seloaji Ponorogo pada musim mudik nanti.

Kesepakatan ini dilakukan pada Jumat (24/5/2019) di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo. Sekitar 20 pengemudi transportasi online dan konvensional tampak menghadiri pertemuan tersebut. Pertemuan difasilitasi oleh Dishub setempat dengan disaksikan oleh perwakilan Polres Ponorogo, Kodim Ponorogo dan pengelola Terminal Seloaji.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Ponorogo Guridno Hesti Wibowo mengatakan, kesepakatan kali ini dituangkan dalam bentuk kesepakatan tertulis antara pihak-pihak yang terkait. Kesepakatan tertulis ini penting agar menjadi dokumen yang bisa dipatuhi oleh kedua belah penyelanggara layanan angkutan umum ini.

Suasana pertemuan para pengemudi transportasi online dan konvensional di aula Dishub Ponorogo pada Jumat (24/5/2019). Mereka kembali menyepakati titik penjemputan disekitar Terminal Seloaji Ponorogo yang diperbolehkan bagi pengemudi transportasi online.

“Kita ingin menghindari adanya gesekan karena rebutan konsumen atau penumpang di antara keduanya. Maka disepakati ada zona yang tidak boleh dirambah oleh tansportasi online dan ada kesepakatan-kesepakatan lain. Ada juga sejumlah denda kalau masing-masing pihak melanggar kesepakatan ini,” ujarnya usai pertemuan.

Kesepakatan paling utama dalam soal zona atau kawasan yang tidak boleh dimasuki oleh transportasi online untuk menjemput penumpang. Yaitu kawasan dalam radius sekitar 500 meter dari pintu keluar penurunan penumpang Terminal Selojadi Ponorogo.

Titik terdekat terminal untuk penjuemputan pun ditentukan. Di sebelah utara adalah area jalan yang telah di hotmix semen, di selatan adalah area agen Lorena Ponorogo, sebelah barat di area simpang tiga cakruk, dan di timur adalah area masjid timur terminal.

Suasana pertemuan para pengemudi transportasi online dan konvensional di aula Dishub Ponorogo pada Jumat (24/5/2019). Mereka kembali menyepakati titik penjemputan disekitar Terminal Seloaji Ponorogo yang diperbolehkan bagi pengemudi transportasi online.

“Sebenarnya tahun lalu sudah ada kesepakatan. Tapi, hal itu belum tertulis. Dan ternyata masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran. Karena itu, hari ini kita refresh kembali agar di musim mudik nanti lebih tertib dan tidak ada gesekan-gesekan berebut penumpang,” terang Guridno.

Saat ini di Ponorogo terdapat sekitar 140 armada transportasi umum roda empat dalam bentuk angkodes, sekitar 200-an mobil transportasi online dan sekitar 800 sepeda motor untuk ojek online. Mereka akan siap melayani para pemudik dari Terminal Seloaji atau titik-titik penurunan penumpang lain menuju berbagai kawasan di Ponorogo dan sekitarnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *