275 ASN Ponorogo Ternyata Tidak Masuk Kerja Saat Disidak Pasca Cuti Lebaran

By on June 10, 2019 at 4:05 pm 0 226 Views

JUMLAH Aparatur Sipil Negara atau ASN Pemkab Ponorogo yang tidak masuk kerja saat inspeksi mendadak atau sidak hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 2019, Senin (10/6/2019) ini mencapai 275 orang. Tujuh di antaranya bolos sebab tidak hadir tanpa keterangan yang jelas.

Kepala Inspektorat Kabupaten Ponorogo Hadi Prayitno, data presensi yang ditutup pada pukul 10.00 WIB menunjukkan ada 275 ASN yang tidak hadir untuk bekerja sejak jam masuk kerja, jam 07.00 WIB. Mereka juga tidak mengikuti apel yang dilaksanakan di instansinya masing-masing.

Kepala Inspektorat Kabupaten Ponorogo Hadi Prayitno

Sidak sendiri dilaksanakan oleh sekitar 100 orang anggota tim sidak dari Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ponorogo. Sejak pagi, tim ini menyebar ke 53 unit kerja di lingkungan Pemkab Ponorogo. Sebanyak 25 unit untuk berupa dinas atau lembaga yang dipimpin pejabat eselon II, 12 Puskesmas, 8 UPT Dukcapil dan 8 kecamatan.

“Kita arahkan sidak pada unit kerja yang terkait langsung pada layanan publik. Tujuannya agar jangan sampai ada layanan publik yang tidak bekerja maksimal pasca cuti lebaran,” kata Hadi.

Sebanyak 25 sidak dilaksanakan oleh tim dari Inspektorat, 3 sidak dilaksanakan secara gabungan oleh tim Inspektorat dan BKD Kabupaten Ponorogo dan sisanya oleh BKD Kabupaten Ponorogo. “Ini sebagai tindak lanjut dari PP 53/2010 dan SKB 3 mentari dan surat Menpan RB bahwa memang untuk sidak atau pemantauan disiplin masuk kerja pasca lebaran harus dilakukan dan itu kita lakukan hari ini,” ujar Hadi Prayitno.

Dari 53 unit kerja yang disidak terdapat 2.373 ASN. Ternyata ada 2.098 ASN yang berada di kantor saat tim sidak datang. “Yang tidak ada di tempat saat kita sidak ini 275 orang ASN. Kategorinya tidak hadir tanpa keterangan, sakit, ijin, cuti, tugas luar dan memasuki pergantian shift jaga,” ujar Hadi.

Dirincinya, dari 275 yang tidak hadir, sebanyak 227 ASN tidak hadir karena memang shift jaga atau waktu bertugasnya adalah pada hari Senin ini namun setelah dilaksanakannya sidak. Kebanyakan adalah petugas di RSUD dr Hardjono dan sejumlah puskesmas di Ponorogo. Berikutnya, 15 ASN tugas luar, 12 orang menderita sakit, 8 orang izin dan 6 orang cuti.

Sejumlah ASN Pemkab Ponorogo saat bersiap mengikuti apel pagi pada hari pertama masuk kerja pasca cuti lebaran Idul Fitri 2019, Senin (10/6/2019).

“Jadi yang tanpa keterangan ada tujuh orang saja. Kalau dibanding jumlah yang seharusnya hadir, maka yang benar-benar tidak hadir hanya 48 orang. Hanya sekitar 2 persen. Artinya tingkat kehadirannya mencapai 98 persen,” jelas Hadi Prayitno.

Ada juga beberapa ASN yang terlambat hadir karena berbagai alasan. Mereka yang tidak hadir atau terlambat masih akan diklarifikasi lebih lanjut alasannya. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap sanksi yang akan diberikan.

Hadi menilai, saat ini tingkat kedisiplinan ASN di Ponorogo sudah cukup baik. “Kita nilai saat ini ASN kita lebih disiplin. Tingkat kehadiran sudah jauh di atas 90 persen. Pengawasan kita juga lebih ketat sehingga memang ASN kita lebih disiplin,” pungkas Hadi Prayitno. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *