Pemkab Ponorogo Resmi Terima Hibah Lahan Warga Untuk Bangun Puskesmas

By on July 10, 2019 at 10:52 pm 0 370 Views

PEMERINTAH Kabupaten Ponorogo benar-benar beruntung. Sebab, wilayah yang kini dipimpin Bupati Ipong Muchlissoni ini mendapat hibah berupa lahan seluas 5.100 meter persegi dari warganya. Hibah ini hadir tepat di saat kawasan sekitar lahan hibah membutuhkan fasilitas kesehatan bagi warganya.

Lahan tersebut adalah milik keluarga besar Partamurdyani, warga Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Rabu (10/7/2019) petang, lahan tersebut resmi diserahkan oleh Budi Darmono, putra almarhum Parto Yuwono dan almarhumah Murdyani, kepada Pemkab Ponorogo. Hibah lahan diterima langsung oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan wakil keluarga, Budi Darmono berjabat tangan hangat usai penandatanganan berkas serah terima hibah lahan dari keluarga besar Partamurdyani kepada Pemkab Ponorogo di Pringgitan Kabupaten Ponorogo, Rabu (10/7/2019).

“Jadi, Pak Parto Yuwono, ayah dari Pak Budi Darmono, Pak Supajar (mantan Sekda Nganjuk, mantan Ketua DPD Golkar Ponorogo) dan kedelapan saudaranya, pernah berwasiat untuk mewakafkan sebagian tanahnya untuk kepentingan umum. Kepentingan umum itu mereka (anak-anak Parto Yuwono dan Murdyani) menterjemahkan sebagai pemerintah,” ungkap Bupati Ipong usai penandatanganan berkas penyerahan hibah di Pringgitan Kabupaten Ponorogo.

Menurut Bupati Ipong, saat menyampaikan niat berwakaf, keluarga besar Partamurdyani ini sempat menyatakan ingin lahan yang dihibahkan menjadi kantor kecamatan Ngrayun. Ini agar kantor kecamatan menjadi lebih luas.

“Tapi kami dari Pemkab berpikir, memindah kantor kecamatan lebih rumit, panjang runtutannya. Harus ada berbagai tinjauan. Lalu kami tawarkan kemungkinan lain, misalnya puskesmas atau rumah sakit tipe D. Ternyata mereka setuju,” kata Bupati Ipong.

“Nah, kebetulan waktu mereka datang ke kita (Pemkab Ponorogo), kita sedang memerlukan puskesmas tambahan. Puskesmas (rawat inap) yang ada saat ini (di Ngrayun) selalu over capacity (terlalu penuh). Alhamdulillah, ternyata gayung bersambut,” lanjutnya.

Saat ini lahan yang diserahkan mencapai 5.100 meter persegi. Masih ada sekitar 5.000 meter persegi lagi lahan di sebelahnya yang siap untuk dihibahkan bila sewaktu-waktu Pemkab Ponorogo memerlukannya. Sebab total tanah yang akan dihibahkan mencapai sekitar 10.600 meter persegi.

Untuk Detailed Engineering Design (DED/Rincian  Perencanaan Fisik) akan dilaksanakan pada tahun ini dengan dana yang segera diajukan dalam PAK atau Perubahan Anggaran Keuangan APBD 2019. Besarannya Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

Keluarga besar Partamurdyani berfoto bersama Bupati Ponorogo dan sejumlah pejabat usai serah terima hibah lahan dari keluarga besar Partamurdyani kepada Pemkab Ponorogo di Pringgitan Kabupaten Ponorogo, Rabu (10/7/2019).

“Pembangunannya akan kita coba ajukan lewat DAK (Dana Alokasi Khusus) di Kemenkes. Kalau mereka (Kemenkes) bilang jangan rumah sakit karena ribet prosedurnya, lalu disarankan puskesmas, ya kita membuat puskesmas saja,” kata Bupati Ipong.

Dalam sambutan usai penandatanganan berkas penyerahan lahan hibah, Bupati Ipong mewakili Pemkab Ponorogo dan seluruh warga Ponorogo mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada keluarga besar Partamurdyani. Hadir dalam serah terima ini para Asisten Bupati, Kadinkes, keluarga besar Partamurdyani dan pihak notaris.

“Harapannya, budi baik keluarga besar Partamurdyani ini dibalas oleh Allah dengan ganjaran yang sebesar-besarnya. Dan kami berjanji untuk segera memanfaatkan lahan ini untuk kepentingan masyarakat banyak,” pungkas Bupati Ipong. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *