Dapat Laporan Kekurangan Air Bersih, BPBD Langsung Dropping ke Dayakan

By on July 31, 2019 at 6:51 pm 0 206 Views

KEKURANGAN air bersih yang terjadi di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, selama beberapa waktu terakhir langsung mendapat respon Pemkab Ponorogo. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), wilayah ini mendapatkan dropping air bersih.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ponorogo Setyo Budiono, Rabu (31/7/2019) mengatakan, dropping ke Desa Dayakan ini dilakukan setelah ada permintaan dari kepala desa setempat. “Pak Kades sudah meminta langsung ke kita dan kita respons dengan pengiriman langsung pada hari ini,” ungkap Budi, sapaan akrab Setyo Budiono.

Dropping air bersih oleh BPBD di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Rabu (31/7/2019) sebagai respons kondisi kekurangan air bersih warga beberapa waktu terakhir.

Dropping ke Desa Dayakan ini memang agar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dilakukan pada Juni atau Juli. “Kali ini bisa agak panjang ketersediaan air bersih di daerah tersebut. Dan, kekurangan baru terjadi di Juli akhir menginjak Agustus ini. Di 2019 ini sudah ada pembangunan sumur. Sudah jadi (sumurnya) dan mengeluarkan air meski belum besar sumbernya. Rencananya akan ada lima sumur tapi baru jadi tiga buah,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun, dropping air dengan menggunakan tangki berkapasitas 5.000 liter dilakukan di tandon RT3/RW 3 Dusun Kliyur, Desa Badegan. Tandon ini paling dekat dengan rumah warga bernama Mbah Mangun Semi.

Ditambahkannya, saat ini BPBD telah memetakan daerah rawan kekeringan dan kekurangan air bersih. Daerah tersebut meliputi 22 dusun di 10 desa yang tersebar di 10 kecamatan. “Dengan peta ini kita bisa mewaspadai dan siaga. Seperti yang terjadi di Dayakan ini,” terang Budi.

Daerah lain yang sudah dikirimi air adalah Desa Duri, Kecamatan Slahung dan Desa Pandak, Kecamatan Balong. Untuk Desa Duri sudah ada dropping air sejak Mei lalu. Sedangkan di Desa Pandak baru ada dropping pada pertengahan Juli lalu. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *