Pemkab Ponorogo Bakal Gelar Pawai Kendaraan Hias

By on August 9, 2019 at 3:49 pm 0 384 Views

PERINGATAN Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Ponorogo akan diramaikan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya pawai kendaraan hias oleh berbagai lapisan masyarakat pada Kamis, 22 Agustus 2019 mendatang.

Pesertanya adalah dari sekolah-sekolah, instansi pemerintah dan swasta hingga masyarakat umum. Kendaraan hias ini akan dinilai dan pemenangnya berhak atas hadiah yang disediakan Pemkab Ponorogo.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Ponorogo Suharno mengatakan, dalam rapat koordinasi yang digelar pada Jumat (9/8/2019) di Ruang Asisten Bupati Ponorogo Gedung Graha Krida Praja diketahui seluruh pihak yang terkait telah mempersiapkan diri dengan baik. Berbagai hal teknis demi kelancaran pawai kendaraan hias ini sudah dibahas sampai pada langkah-langkah yang harus dilakukan bila terjadi hal yang darurat.

“Karena itu, kita yakin masyarakat sangat antusias dan berminat untuk berpartisipasi memeriahkan pawai ini. Pendaftaran bagi para peserta sudah dibuka dan akan ditutup pada 21 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Pawai Kendaraan Hias Peringatan HUT RI tahun 2018 lalu cukup memukau warga Ponorogo yang menyaksikan di sepanjang rute yang dilalui.

Dalam rapat, lanjut Suharno, panitia yang terdiri dari berbagai instansi menyatakan ada sejumlah ketentuan yang dipenuhi oleh para peserta yang akan berpartisipasi. Di antaranya adalah bukan truk trailer atau bus besar, tidak menggunakan kendaraan roda dua dan tidak menggunakan kereta kelinci.

“Hiasan nanti juga ada ketentuan ukuran. Tinggi maksimalnya adalah 4,2 meter dan lebar maksimal 2,5 meter,” imbuhnya.

Sedangkan untuk penilaian secara umum meliputi keindahan dan kesesuaian dengan tema peringatan HUT RI tahun ini. Tema tersebut adalah ‘SDM Unggul Menuju Indonesia Maju’. Selain itu, ada juga nilai untuk keutuhan kendaraan hias dari garis start hingga kembali ke titik pemberangkatan.

“Maka ada larangan membagikan jajanan atau suvenir kepada penonton di tepi jalan. Dikhawatirkan menyebabkan hiasan di mobil rusak. Mobil yang dihias juga diharapkan dalam kondisi prima. Kalau mogok di tengah jalan kan ya tidak bisa dinilai,” ulas Suharno.

Kendaraan hias akan diberangkatkan dari depan Paseban Aloon-Aloon Ponorogo ke selatan menuju Jalan KH Hasyim Asy’ari terus ke selatan menuju Jalan Gatot Subroto. Rute pawai kemudian berbelok timur menuju Jalan Ahmad Yani atau dulu sering disebut jalan Sinduro. Setelah itu berbelok ke utara menuju Jalan Basuki Rahmat lalu berbelok ke timur menyusuri Jalan Juanda.

Salah satu mobil yang sedang dihias untuk diikutkan pada Pawai Kendaraan Hias 2019 yang bakal digelar 22 Agustus mendatang.

Selanjutnya rute berbelok ke utara memasuki Jalan Lejten Suprapto. Sampai ke perempatan Pasar Pon rute pawai berbelok ke barat menyusuri Jalan Batoro Katong. Kemudian ke barat lagi menuju Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Urip Sumoharjo dan berbelok ke selatan sepanjang Jalan Diponegoro.

“Finishnya adalah di Paseban Aloon-Aloon. Artinya kembali ke titik start. Sehingga harus diperhatikan oleh peserta agar kendaraan hias tetap utuh. Untuk urutan keberangkatan sesuai dengan kedatangan sebagai peserta,” ujarnya. Peserta akan diberangkatkan tepat pukul 13.15 WIB. Tahun lalu terdapat sekitar 300 kendaraan hias yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. (kominfo/dist)

Berikut tempat pendaftaran peserta kendaraan hias HUT ke-74 RI Kabupaten Ponorogo:
1. Untuk sekolah di Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, tempat pendaftaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo di Gedung Terpadu Jalan Basuki Rahmat.
2. Untuk Sekolah Menengah Atas, tempat pendaftaran di Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Ponorogo di Jalan Juanda.
3. Untuk sekolah di Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, tempat pendaftaran di kantor Kementerian Agaman Kabupaten Ponorogo di Jalan Juanda.
4. Untuk isntansi vertikal, perbankan dan masyarakat umum tempat pendaftaran di Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekreatriat Daerah Ponorogo di Gedung Graha Kridha Praja Pemkab Ponorogo.

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *