Irigasi di Ponorogo Masih Aman Untuk Jamin Kebutuhan Air Petani

By on January 8, 2020 0 131 Views

JARINGAN irigasi yang ada di Kabupaten Ponorogo dipastikan masih cukup aman untuk memenuhi kebutuhan air para petani. Meski ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan, namun tidak akan terlalu mengganggu suplai air menuju persawahan.

Hal ini dikatakan Kabid Sumber Daya Alam Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ponorogo Siswanto, Rabu (8/1/2020). Ia menjelaskan, saat ini ada 440 lebih jaringan irigasi yang ada di Ponorogo. Dari jaringan ini tidak semuanya dalam kondisi baik.

Salah satu irigasi dari Dam Sungkur di Kecamatan Jambon

Siswanto menyebut, lebih dari 50 persen jaringan irigasi kondisinya baik. Sedangkan sisanya dalam kondisi rusak ringan, sedang dan berat. Hanya yang rusak berat saja yang akhirnya membuat suplai air terhambat. Yang rusak inipun, kata Siswanto, sedang dalam tahap perbaikan dan akan segera bisa digunakan kembali.

“Yang siap operasi ya 50 persen lebih lah. Meski ada yang rusak, tapi semuanya masih bisa berfungsi. Petani masih bisa menikmati, bisa dilayani, kecuali yang memang jauh dari jangkauan dam pada irigasi kita tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kerusakan yang terjadi menyebar di sejumlah daerah. Sebagian besar sedang dalam perbaikan. Beberapa bahkan sudah selesai. Misalnya Dam Sungkur yang sudah selesai pembuatan taludnya.

Diakuinya ada salah satu dan yang rusak berat. Namun, saat ini sudah dalam tahap akhir perbaikan. Dam ini sedang dalam proses pengecoran. Beberapa hari lalu bekisting untuk dinding saluran sudah dipasang dan tinggal menunggu pengecoran.

“Maka air belum bisa dialirkan dulu menunggu proses cor selesai. Petani harap bersabar, tidak lama kok,” ungkapnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *