18 Ribu Peserta Bakal Berebut 1.100 Formasi CPNS di Ponorogo

February 13, 2020 18:18 WIB 767 Views

SEBANYAK 18 ribu peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tiga kabupaten bakal berebut formasi di  Ponorogo. Mereka adalah peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Computer Assisted Test (CAT) yang merupakan langkah awal menuju calon abdi negara.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Tauchid Djatmiko, usai penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama Pelaksanaan CAT Penerimaan CPNS antara BKN, Pemkab Ponorogo, Pemkab Madiun, dan Pemkab Pacitan, Kamis (13/2/2020) di Ruang Bantarangin Gedung Pemkab Ponorogo mengatakan, Ponorogo telah disepakati menjadi tempat pelaksanaan CAT SKD.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Tauchid Djatmiko, saat menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama Pelaksanaan CAT Penerimaan CPNS antara BKN, Pemkab Ponorogo, Pemkab Madiun, dan Pemkab Pacitan, Kamis (13/2/2020) di Ruang Bantarangin Gedung Pemkab Ponorogo.

“Untuk tes ini memang ada daerah yang mandiri dan ada yang sharing tempat. Untuk lokasi di Ponorogo ini adalah hasil dari koordinasi beberapa kabupaten yang bersepakatan untuk sharing tempat. Koordinasi ini adalah tahap yang telah kita lalui beberapa waktu lalu. Tahap selanjutnya adalah penandatanganan seperti ini,” ungkapnya.

Penandatanganan dilaksanakan oleh Kepala BKN dengan Sekretaris Daerah dari masing-masing kabupaten yang melaksanakan SKD CAT di Ponorogo. Ketiga sekda adalah Heru Wiwoho dari Kabupaten Pacitan, Tontro Pahlawanto dan Kabupaten Madiun dan Agus Pramono dari Ponorogo. Tes akan dilaksanakan mulai Sabtu (15/2/2020) sampai Rabu (26/2/2020).

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Tauchid Djatmiko dan Sekdakab Ponorogo Agus Pramono menunjukkan naskah Naskah Kesepakatan Bersama Pelaksanaan SKD CAT.

“Setelah tahap ini kita akan masuk tahap berikutnya, yaitu pengecekan dan simulasi. Setelah itu baru pelaksanaan,” kata Tauchid.

Pelaksanaan SKD CAT di Ponorogo ini, ada 18 ribu peserta yang akan berkompetisi untuk memperebutkan sekitar 1.100-an kursi formasi CPNS. Sebanyak 8.156 peserta adalah dari Ponorogo yang akan berkompetisi untuk mengisi 503 formasi. Lalu ada 3 ribuan peserta dari Kabupaten Madiun yang akan bersaing untuk mendapatkan sekitar 300 formasi. Terakhir ada sekitar 5 ribu peserta dari Kabupaten Pacitan yang bakal berlomba memenangkan sekitar 340 formasi.

“Jadi nantinya peluangnya di Ponorogo ini adalah 1 banding 18-an lah,” ujarnya.

Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto menyatakan, ia berharap para peserta dari Kabupaten bisa melakukan persiapan dengan baik. Bekal pengetahuan sampai bekal untuk mengisi perut harus benar-benar matang. “Jaraknya dari Kabupaten Madiun kan ya memang lumayan. Jadi mental harus bagus, fisik juga harus bagus,” ulasnya.

Sedangkan Sekda Pacitan Heru Wiwoho juga mengungkapkan hal yang sama. Yaitu agar peserta dari Pacitan bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Apalagi waktunya masih cukup untuk kembali belajar dan membuka wawasan. (kominfo/dist)

 

 

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *