Gerakan Subuh Berjamaah di Desa Bangunrejo, Bupati: Bersama Ayo Viralkan Gerakan Subuh Berjamaah di Ponorogo

February 21, 2020 9:17 WIB 341 Views

Gerakan subuh berjamaah menjadi salah satu program rutin dari Bupati Ipong. Kegiatan ini diharapkan viral karena dapat menyehatkan jasmani juga dapat membangkitkan semangat dan spiritualitas.

Subuh berjamaah bersama Bupati Ipong kali ini dilaksankan di Masjid Putra Sultan Agung, yang berlokasi di Dukuh Dasun, Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, pada 21 Februari 2020. Rombongan tiba dilokasi pada pukul 04.15 WIB.

Hadir bersama instrumen pemerintah Kabupaten, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Forkopimka Kecamatan Sukorejo dan Kepala Desa beserta perangkatnya. Rombongan disambut oleh jamaah sholat subuh Masjid Putra Sultan Agung.

Usai pelaksanaan sholat subuh berjamaah, Kyai Abdul Fatah selaku imam masjid menuturkan sejarah berdirinya Masjid Putra Sultan Agung yang dulunya bernama Masjid Anak Sultan Agung ini mulai dari awal mendapat tanah wakaf, pembangunan dan rehab, sampai proses penggantian nama yang digunakan sekarang. Disampaikan pula bahwa Masjid Putra Sultan Agung menjadi pusat adzan agar dalam pelaksanaan sholat bisa satu waktu.

This slideshow requires JavaScript.

“Keinginan jamaah kepada Pak Bupati, Ketua DPRD, dan Kepala Dinas, mushola-mushola ten lingkungan niki yang berjumlah sembilan untuk adzan terpusat ke Masjid ini,” jelasnya.

“Perangkat desa dan kecamatan sudah melaksanakan gerakan subuh berjamaah bersama warga disini, saya selaku imam masjid sangat bersyukur berkat program bapak Bupati bisa mengembalikan jamaah untuk melaksanakan subuh berjamaah,” tambahnya.

Bupati Ipong mengapresiasi Imam Masjid yang sampai hari ini masih mengingat sejarah yang berkaitan dengan perkembangan Masjid Putra Sultan Agung yang ternyata masih memiliki hubungan dengan Masjid NU yang ada di jalan Sultan Agung Kabupaten Ponorogo. Ia mengucapkan terima kasih kepada jamaah yang hadir sehingga jamaah mushola-mushola di sekitar berkumpul bersama di Masjid Putra Sultan Agung.

“Terima kasih seluruh mushola menutup musholanya untuk sholat disini, saya harap besok mushola di seluruh desa Bangunrejo ini bisa hidup seperti pagi hari ini,” kata Bupati Ipong.

“Jadi saya harap kepada pak kepala desa dan camat, kalau sudah melaksanakan sholat berjamaah jangan lupa untuk terus menggalakkan subuhan berjamaah, apalagi kalau setelah subuh kita bisa berdialog dengan masyarakat itu jauh lebih barokah,” imbuhnya.

Lebih penting lagi, Bupati Ipong menyebutkan memerlukan cara yang kontinyu, subuh berjamaah bisa didorong dengan mengajak lewat media sosial menegakkan gerakan subuh berjamaah di seluruh Ponorogo.

“Saya juga mengajak anak muda di setiap subuh berjamaah, jangan sungkan-sungkan untuk memviralkan di media sosial, tujuannya memberikan gambaran bahwa subuhan berjamaah itu keren, agar bisa diikuti oleh seluruh anak-anak muda di Ponorogo juga,” tandasnya.

This slideshow requires JavaScript.

Seusai dialog bersama jamaah Masjid Putra Sultan Agung, rombongan melanjutkan kegiatan untuk gowes bersama mengelilingi Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo. Menyempatkan untuk mencicipi Nasi Pecel bersama rombongan gowes, kehadiran Bupati Ipong disambut warga dengan antusias serta Foto Selfie bersama.

Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, 21 Februari 2020
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *