Serius Bina KIM Biting, Kominfo Ponorogo-Unida Gontor Latihkan Fotografi Hingga Manajemen Website

July 27, 2020 15:54 WIB 343 Views

KELOMPOK Informasi Masyarakat Biting Bersatu terus mendapatkan pembinaan dan pelatihan dalam revitalisasinya kali ini. Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo dan Universitas Darussalam (Unida) Gontor bersinergi membangkitkan kembali KIM Desa Biting, Kecamatan Badegan, tersebut.

Pada Senin (27/7/2020), pembinaan KIM Biting Bersatu sampai pada materi fotografi. Materi ini dipilih untuk melengkapi kemampuan para punggawa KIM Biting Bersatu sebab Desa Biting memiliki potensi pemandangan alam yang indah dan bisa dieksplorasi melalui karya-karya visual. Pemateri yang dihadirkan adalah Rifai, salah satu dosen untuk Maka Kuliah Fotografi di Program Studi Ilmu Komunikasi Unida Gontor.

Para anggota KIM Biting Bersatu saat menerima materi fotografi dengan ponsel dari Rifai, staf pengajar Prodi Komunikasi di Unida Gontor, Senin (27/7/2020)

“KIM ini kan akan menjadi pusat informasi dan komunikasi warga setempat di Desa Biting, maka mereka harus bisa mengelola website yang berisi informasi tentang Desa Biting dan segala potensinya dengan baik,” ungkap salah satu Tim Pelaksana Pendampingan dari Unida Gontor, Rila Setyaningsih, usai kegiatan.

Pekan lalu, para anggota KIM Biting Bersatu telah mendapatkan materi jurnalistik dan penulisan berita dari Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. Juga materi pembentukan dan manajemen KIM. Materi-materi dibawakan oleh Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Ponorogo Andri Hendhratmoyo dan para stafnya. Pelatihan-pelatihan yang digelar adalah tindak lanjut dari pembentukan yang telah dilaksanakan pada awal Juli lalu.

Para anggota KIM Biting Bersatu melakukan praktek fotografi pemandangan dengan ponsel usai pembeberan teori oleh staf pegajar Unida Gontor, Senin (27/7/2020)

“Kita masih akan menambahi dengan materi manajemen website dan komunikasi interpersonal. Ini untuk memberikan motivasi yang lebih kuat bagi anggota KIM Biting Bersatu dalam mengelola medianya, baik website maupun medsosnya,” imbuh Rila.

Andri Hendhratmoyo menyatakan, keberadaan Unida Gontor sebagai fasilitator dalam pembentukan kembali dan pembinaan KIM Biting Bersatu sangat membantu Pemkab Ponorogo dalam melaksanakan kegiatan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Keberadaan KIM Biting Bersatu saat ini diyakini akan meminimalisir adanya kesenjangan informasi di tengah masyarakat.

Para anggota KIM Biting Bersatu melakukan praktek fotografi protraiture dengan ponsel usai pembeberan teori oleh staf pegajar Unida Gontor, Senin (27/7/2020)

“Harapan kami sebagai Pembina KIM di Ponorogo, pembentukan kembali KIM Biting ini bukan hanya formalitas. Akan tetapi KIM Biting bisa terus eksis dan mandiri serta berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang ada,” tegas Andri.

Ketua KIM Biting Bersatu Sundoyo mengatakan, pelatihan kepada KIM Biting Bersatu benar-benar memberikan keterampilan dan manfaat bagi anggotanya. “Harapannya kami bisa mandiri, anak-anak termotivasi dan bisa terjun ke masyarakat sebagai agen informasi di sekitar kami. Harapannya KIM Biting Bersatu bisa lebih memberikan nilai lebih bagi Desa Biting dan masyarakatnya,” pungkas Sundoyo. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *