Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Akhir Tahun yang Andil Picu Inflasi

PONOROGO masuk radar Badan Pangan Nasional untuk urusan kedaulatan, ketahanan, serta kemandirian pangan negara. Andriko Noto Susanto, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan di lembaga pemerintah nonkementerian, itu sengaja turun gunung ke Kota Reyog, pada Selasa (13/12/2022). ‘’Kita dinilai sebagai daerah penyokong ketahanan pangan Jawa Timur bahkan nasional,’’ kata Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Ponorogo Masun.

Dispertahankan Ponorogo menggelar acara Temu Tani dan dan Gelar Pasar Pangan Murah untuk menyambut kedatangan satu dari tiga deputi di Badan Pangan Nasional itu. Pemerintah pusat ingin memastikan ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga, keanekaragaman, konsumsi, serta dan keamanan pangan. ‘’Termasuk mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang akhir tahun,’’ jelas Masun.

PANGAN AMAN: Masyarakat antre membeli beras dan minyak goreng murah di halaman Dipertahankan Ponorogo, Selasa (13/12/2022).

Andriko Noto Susanto mengungkapkan bahwa lembaganya berkepentingan melakukan monitoring kenaikan harga pangan yang memiliki bobot cukup besar terhadap perhitungan laju inflasi. Jenis pangan yang menjadi tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional adalah beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai. ‘’Inflasi terjadi karena kenaikan harga secara periodik dan biasanya diikuti kurangnya ketersediaan barang yang tidak sebanding dengan permintaan,’’ terangnya.

Dia juga mengingatkan pentingnya keanekaragaman konsumsi pangan. Sebab, makanan pokok sejatinya tidak melulu nasi. Olahan bahan pangan nabati seperti jagung, kentang, labu kuning, singkong, sagu, kimpul, talas, gadung, sukun, ubi jalar, dan gembili dapat memenuhi kebutuhan gizi dasar penduduk. Indonesia juga kaya atas ketercukupan pangan hewani yang terdiri daging sapi, daging ayam, telur, susu, dan ikan. (kominfo/fad/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*