Jaminan Pengelolaan Anggaran, Bupati Sugiri Teken Kerja Sama dengan Ditjen Perbendaharaan

AKUNTABILITAS dan transparansi pengelolaan anggaran di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo bakal semakin meningkat. Itu bersamaan Bupati Sugiri Sancoko menandatangani momerandum of understanding (MoU) dengan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Jawa Timur Taukhid. Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di Pringgitan (Rumah Dinas Bupati Ponorogo), pada Kamis (16/3/2023).

SEPAKAT : Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama KaKanwil DJPb Jawa Timur Taukhid ketika menandatangi MoU, Senin (16/3/2023).

Dengan adanya MoU akan menjadi sarana komunikasi, koordinasi, dan konsultasi dalam rangka mewujudkan sinergi serta keselarasan pengelolaan keuangan negara di daerah. Dengan begitu bakal terjadi peningkatan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah. Kanwil DJPb adalah kepanjangan tangan Kementerian Keuangan. ‘’Komunikasi, koordinasi, dan konsultasi sangat penting bagi pengambil kebijakan,’’ kata Bupati Sugiri Sancoko.

Menurut dia, Kanwil DJPb Jawa Timur juga akan melakukan pembinaan, supervisi, asistensi, bimbingan teknis, monitoring, evaluasi, analisis, kajian, penyusunan laporan, dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan. Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—berharap kerja sama pendampingan itu dapat memudahkan penentuan kebijakan fiskal. ‘’Percepatan pembangunan juga akan lebih terukur,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Jawa Timur Taukhid mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung pula edukasi pengelolaan keuangan desa. Upaya itu bertujuan agar pemanfaatan anggaran tidak melanggar peraturan perundang-undangan. ‘’Tugas kami juga menyangkut pelaporan, serapan, dan pembinaan akuntansi keuangan,’’ ungkapnya. (kominfo/fad/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*