Ditjen Kebudayaan Pastikan Reog Ponorogo Masuk Daftar Sidang ICH UNESCO

KABAR menggembirakan datang dari Direktur Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid.

Reog Ponorogo sudah masuk lis sidang United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dengan kategori daftar perlindungan mendesak.

“Ya memang sudah diusulkan dan masuk pada siklus persidangan berikutnya pada 2024,” benar Hilmar.

DUKUNGAN REOG : Ditjen Kebudayaan Hilmar Farid dan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama rombongan ketika mengunjungi Sanggar Kawulo Bantarangin, Sabtu (1/7/2023).

Hilmar Farid berkunjung ke Ponorogo dengan membawa rombongan besar, Sabtu (1/7/2023). Dia bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko juga sempat mengunjungi Monumen Bantarangin dan Sanggar Kawulo Bantarangin di Kecamatan Kauman.

Ponorogo masuk urutan kedua daerah yang didatangi sejarawan sekaligus aktivis kelahiran Jerman itu beserta timnya dalam rangkaian kunjungan kerja di Jawa Timur.

Menurut Hilmar, Reog Ponorogo berada di urutan 19 persidangan UNESCO untuk Warisan Budaya Takbenda (WBTb) yang akan berlangsung November atau Desember 2024.

“UNESCO juga mengkonfirmasi bahwa berkas Reog Ponorogo sudah diterima,” jelasnya.

Namun, masih ada sejumlah perbaikan dan tambahan informasi di dalam dokumen pengusulan yang harus segera disusulkan.

“Dalam dua atau tiga minggu ke depan berkas perbaikan akan langsung kita kirim kembali,” imbuhnya.

Masih kata Hilmar, satu lagi tahapan yang harus dilalui agar Reog Ponorogo lolos sebagai WBTb yaitu persidangan. Selagi kelengkapan berkas sudah terpenuhi, maka dia optimistis semuanya berjalan lancar.

“InsyaAllah tidak ada halangan,” terangnya.

Hilmar menambahkan, Pemkab Ponorogo harus memiliki kebijakan khusus tatkala reog kelak ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) dari UNESCO itu. Yakni, penguatan-penguatan kesenian reog di dalam komunitas, sanggar, hingga para seniman.

‘’Ponorogo yang merupakan sumber kesenian reog akan memiliki posisi yang strategis di dunia,’’ pungkasnya. (kominfo/fad/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*