Pemimpin Parpol Deklarasi Damai, Bupati Sugiri Harapkan Pemilu Bermartabat

INDONESIA sukses melaksanakan delapan kali pemilihan umum (pemilu). Kesuksesan itu hendak diulang pada penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. Sebanyak 18 pimpinan partai politik (parpol) di Ponorogo mendeklarasikan pemilu damai, Rabu (8/10/2023).

Deklarasi itu berlangsung di Pendopo Agung dengan disaksikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, jajaran Forkopimda, serta perwakilan dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) dan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah. Satu per satu pimpinan parpol menandatangani nota kesepakatan untuk menjaga perdamaian dalam Pemilu 2024.

FOTO : ERWIN SUGANDA/KOMINFO PONOROGO
IKRAR : Sebanyak 18 pimpinan partai politik di Ponorogo berikrar dan mendeklarasikan pemilu damai di Pendopo Agung, Rabu (8/11/2023).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa pelaksanaan pemilu yang sudah berulang kali seharusnya membuat pesta demokrasi yang bermartabat. Pemilu harus menjadi sarana penyatu bangsa, bukan sebagai ajang pemecah belah bangsa. “Harapan kita bersama, Pemilu 2024 berjalan damai dan indah, ” kata Kang Bupati —sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Kang Bupati mengajak partai politik untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Masyarakat yang akan menilai dan menentukan pilihan mereka. Dengan begitu, kualitas demokrasi akan semakin bagus dan bermartabat. ”Mari kita berfastabiqul khairat, yaitu berlomba-lomba dalam kebaikan, ” jelasnya.

Masih kata Kang Bupati, masyarakat seyogianya memilih pemimpin yang sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Yakni, pemimpin yang jujur, dapat dipercaya, menyampaikan kebenaran, dan cerdas. “Itu yang dianjurkan Rasulullah, ” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko berharap agenda politik lima tahun sekali itu tidak menyebabkan masyarakat tidak terkotak-kotak. Semua pihak harus menahan diri dengan tidak menyebarkan hoaks dan black campaign. ”Pesta demokrasi harus disambut dengan suka cita, beda pilihan jangan sampai menyebabkan perselisihan, ” harapnya. (kominfo/win/hw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*