Breaking News

Nawacita Cita-Cita Otonomi Daerah

By on April 25, 2018 0 227 Views

PONOROGO. Aparat Sipil Negara ( ASN ) Pemerintah Kabupaten Ponorogo, dari mulai yang berada di Gedung Graha Krida Praja, hingga yang dari Instansi Instansi yang di luar gedung Krida Praja seperti dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik, Dinas Pertanian dan dinas dinas yang lain hampir seluruhnya berkumpul di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo untuk mengikuti Upacara Korpri dan Peringatan Hari Kartini seta Peringatan Hari Otonomi Daerah ( OTODA ) ke 22. Bahkan tampak Para Pejabat eselon yang menghadiri upacara tersebut hampir bisa dikatakan komplit hadir.

Dalam upacara peringatan hari Otonomi daerah Rabu, 25/4/18 tersebut wakil Bupati Ponorogo selaku Inspektor Upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo.

Dalam sambutannya diantarnya menyampaikan bahwa dengan rasa percaya diri bangsa Indonesia yang berpenduduk  261 juta jiwa ini terdiri dari ratusan suku dan mendiami ribuan pulau bahu membahu meraih kemajuan mengejar ketertinggalan dalam mewujudkan kejayaan. Tema peringatan Hari Otonomi Daerah kali ini adalah “Mewujudkan Nawacita melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih Dan Demokratis”.

Artinya bukan hanya mengharuskan daerah daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan peraturan perundang undangan yang berlaku, akan tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakkan, sehingga apapun kebijakkan itu dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat.

Otonomi Daerah telah mendorong adanya proses pengambilan keputusan publik yang lebih partisipatif, demokratis lewat pemilihan kepala daerah, buah positif lainnya dari otonomi daerah yang kita rasakan bersama adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan

Masyarakat, peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga ikut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. ( Kominfo/Panji )